Indonesia Bikin Pesawat Tempur, Lebih Canggih dari F-16

Pesawat F-16 AS
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Mulai 2020 mendatang, Indonesia akan memproduki pesawat tempur jenis KFX/IFX generasi 4.5. Untuk mewujudkan hal tersebut, PT Dirgantara Indonesia menjalin kerjasama dengan Korean Aerospace Industries (KAI).

Pesawat Buatan Dalam Negeri Perkuat Skuadron Malang

Hal tersebut diutarakan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Budi Santoso, saat ditemui di kantornya yang berada di Bandung, Jawa Barat, Kamis 11 Februari 2016.

Saat ini hingga 2019 mendatang, menurut Budi, PT DI masih merancang purwarupa pesawat yang lebih canggih dari F-16 itu. Targetnya, pesawat tempur tersebut bisa dioperasikan pada 2024 atau 2025 oleh TNI.

Pilot Pesawat Super Tucano Ditemukan Tewas

"2024, pesawat ini operasional. Tahun ini sampai 2019, kita buat prototype dan uji terbang," ungkap mantan Dirut Pindad itu.

Kata Budi, untuk pengembangan proyek teknologi pesawat tersebut, PT DI ikut mengeluarkan dana sebesar 20 persen. Sedangkan sisanya ditanggung KAI.

Ditemukan Parasut Tanpa Awak Diduga Milik Pesawat Jatuh

"Kami diminta Kemhan untuk menyiapkan PT DI di masa yang akan datang, mengembangkan pesawat tempur IFX. Pendanaan dari kita 20 persen," ujar Budi. (one)

Jet tempur Eurofighter Typhoon

Kuwait Borong Dua Skuadron 'Typhoon'

Ini merupakan kontrak bisnis terbesar yang ditandatangani.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2016