Wujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Karawang

CSR Bandeng
Sumber :

VIVA.co.id – Kehidupan perekonomian masyarakat pesisir Jawa Barat selama ini ditopang oleh produksi pertaniannya sehingga menjadikan bertani sebagai salah satu mata pencaharian utama. Kondisi ini tidak selalu berujung pada kesejahteraan.

Momen Pegawai Pertamina Hulu Energi Salurkan Hak Pilih Pemilu di Anjungan Lepas Pantai

Masyarakat tidak sadar bahwa potensi untuk menciptakan peluang usaha tidak terpaku pada dunia pertanian ataupun bercocok tanam. Padahal peluang tersebut terbuka lebar bagi masyarakat seperti misalnya di bidang pertambakan atau pengolahan Ikan.

Masyarakat di wilayah desa Dusun Cisoma, Desa Tambaksari, Kabupaten Karawang yang dikenal dengan kondisi perekonomian yang jauh dibelakang wilayah lain pun mulai berbenah dengan memulai usaha pengolahan ikan bandeng yang memang cukup banyak bisa ditemui di wilayah tersebut.

Dapat Temuan Signifikan di 2023, Intip Strategi PHE Gencarkan Program Eksplorasi Migas 2024

Kerja keras masyarakat pun membuahkan hasil dengan mampu mengolah 150 kg ikan bandeng menjadi berbagai produk makanan unggulan seperti sate bandeng, bandeng presto, nugget bandeng, baso, kaki naga, siomay, ekkado, dan otak-otak bandeng.

Selain itu, permasalahan sampah yang menjadi tantangan di Kabupaten Karawang turut menjadi potensi yang dapat diubah menjadi manfaat dengan program bank sampah.

Produksi Minyak Capai 566 Ribu Barel per Hari, Simak Rincian Kinerja PHE Sepanjang 2023

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/02/15/56c1423349cdc-csr-bank-sampah_663_382.jpg

"Kelompok pengembang bank sampah di Karawang baru ada dua kelompok. Salah satunya di desa nelayan Tambaksari Dusun Sarakan Kecamatan Tirtajaya Rengasdengklok yang semua anggotanya adalah perempuan,” ujar Edi Kanedi Community Development Officer Yayasan Sekar Mandiri yang mendampingi warga untuk pelaksanaan program Bank Sampah.

Saat ini ada 25 KK yang tergabung dalam kelompok Bank Sampah ini. Dan mayoritas anggotanya adalah ibu - ibu istri para nelayan yang terlibat dalam kelompok bank sampah ini dipilih karena mayoritas Ibu banyak waktu luang dan dapat membantu perekonomian keluarga.

"Pengalaman kami, ibu - ibu memiliki banyak waktu luang dan komitmen yang cukup tinggi terhadap program pemberdayaan. Dan rata-rata seminggu dari hasil sampah sebesar Rp15.000 per orang atau sebesar Rp375.000 per kelompok, sebanyak 80 persen diberikan kepada kelompok sementara 10 persen untuk pengurus, 5 persen untuk majelis taklim dan 5 persen sisanya digunakan sebagai kas anggota dan pengembangan kelompok,” kata Edi.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/02/15/56c142aa0cf50-csr-bank-sampah_663_382.jpg

Inisiatif para warga ini dilihat sebagai potensi dalam meningkatkan kemandirian masyarakat.

“Sejak tahun 2011 kami lakukan social maping oleh untuk meningkatkan kapabilitas masyarakat dengan melakukan pembinaan pemberdayaan untuk meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Edi menjelaskan pada tahap awal pelatihan serta pembentukan kelompok usaha ditujukan untuk memupuk anggota binaan menjadi solid. “Kemudian diikuti dengan peningkatan produktifitas dan kualitas serta kemampuan entrepreneurship dan inovasi produk, yang nantinya akan terbentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) sebagai sentra olahan ikan bandeng dan Kelompok Bank Sampah,” kata Edi.

Saat ini produk olahan ikan bandeng telah dipasarkan keluar daerah, mulai dari Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Bandung dan Jakarta.

Sementara pemasaran untuk produk dari bank sampah sudah mulai dikenal oleh masyarakat dan diharapkan beberapa waktu ke depan semakin banyak warga yang bergabung dalam kelompok bank sampah.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/02/15/56c142f8834cb-csr-bank-sampah_663_382.jpg

Dan sebagai tindak lanjut mewujudkan sustainability program tersebut, sejak tahun 2015 PT Pertamina EP Tambun Field mulai menyusun strategi lanjutan dengan membentuk koperasi untuk memenuhi kebutuhan kelompok hingga nantinya terbentuk kemandirian masyarakat.

"Semoga upaya ini dapat mewujudkan kemandirian masyarakat,” ujar Abdullah Tambun Field Manager. (Web)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya