Jokowi Paparkan Tiga Hasil Kunjungan ke Amerika

Presiden Joko Widodo dan Barack Obama saat di California beberapa waktu silam.
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo memaparkan tiga hasil kunjungan tujuh hari di Amerika Serikat dalam US-Asean Summit. Pertama, Konferensi Tingkat Tinggi itu harus memiliki manfaat bagi perdamaian dan kesejahteraan.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

"Baik untuk Indonesia, ASEAN dan dunia," kata Jokowi, di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat 19 Februari 2016.

Poin kedua yang disampaikan, pemerintah Indonesia menekankan pentingnya keberpihakan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terutama di era keterbukaan ekonomi dan informasi digital.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

"Dalam pembicaraan dengan Facebook, Google, Plug and Play, mereka telah berikan komitmen kerja sama pengembangan ekonomi digital. Google komitmen pelatihan 1.000 technopreuneur sampai 2020, dan juga perusahaan yang lain akan ditindaklanjuti seperti yang diberikan komitmen Google terhadap kita," ujar Jokowi.

Ketiga, terkait dengan pesan perdamaian yang sudah ditekankan saat KTT berlangsung.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

"Ketika saya jadi pembicara pertama dalam pembahasan counter terrorism. Pesan damai juga ditindaklanjuti dalam kunjungan ke Sillicon," katanya.

Untuk itu, dalam pertemuan dengan pimpinan Facebook dan yang lain, Jokowi mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam menjaga perdamaian.

"Kami ajak sosial media untuk menyebarkan nilai toleransi dan perdamaian. Mereka antusias membantu inisiatif kita," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya