Api Misterius Gegerkan Warga Semarang

Kastari menunjukkan sisa barang terbakar api misterius di rumahnya di Kampung Jangli Tlawah, Candisari, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 19 Februari 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA.co.id - Warga Kota Semarang, Jawa Tengah, digegerkan insiden kemunculan api misterius yang membakar sejumlah benda di rumah mereka. Kemunculan api yang tak diketahui asal-usulnya itu terjadi di Kampung Jangli Tlawah, Candisari, Semarang.
Api Lalap Rumah Rameli di Belakang Gedung Balai Sudirman
 
Api misterius itu muncul tanpa sebab yang jelas di rumah warga. Ada tiga rumah yang mengalami kebakaran karena munculnya titik-titik api aneh ini. Salah satunya adalah rumah milik Kastari (56 tahun) di Gang III Nomo 23, Candisari.
Si Jago Merah Mengamuk di Depan Roxy Square Grogol
 
"Pada Kamis kemarin, tiga rumah terbakar cukup besar karena kemunculan api ini. Akibatnya, banyak perabot rumah tangga yang terbakar," kata Kastari saat ditemui di rumahnya pada Jumat, 19 Februari 2016.
Api Hanguskan Dua Rumah di Jatinegara
 
Menurut Kastari, kemunculan api yang sempat membakar perabot rumahnya cukup aneh. Awalnya, tanpa diketahui dari mana api kecil tiba-tiba muncul di sejumlah ruangan, namun beberapa saat kemudian terus membesar dan membakar perabot.
 
"Awalnya muncul dari titik api, lalu besar. Kebetulan saat rumah kondisi kosong api membesar dan membakar perabotan rumah,” katanya.
 
Kastari menjelaskan, kemunculan api aneh itu pertama terjadi pada dua bulan lalu. Namun dia saat itu tidak curiga karena skalanya yang kecil dan mudah dipadamkan. Tapi intensitas kemunculan api itu semakin sering hingga kebakaran pada Kamis lalu.
 
"Kemarin saat kebakaran api muncul sebanyak 20 kali di berbagai ruangan. Saya tidak tahu, pokoknya api itu bisa muncul di perabotan yang kami letakkan. Mau diletakkan di mana saja, pasti apinya bisa muncul,” ujarnya sambil menunjukkan bekas perabot yang terbakar.
 
Sampai kejadian yang kesekian kali, Kastari mengaku pernah suatu saat meminta bantuan orang pintar untuk mengetahui api misterius di rumahnya. Namun belum mendapatkan jawaban yang logis.
 
Kepolisian Sektor (Polsek) Candisari dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang telah datang ke lokasi untuk mencari tahu penyebab kemunculan api itu.
 
“Dugaan awal kami memang korsleting listrik. Tapi setelah kami selidiki ternyata tidak ada. Pihak BPBD Kota Semarang juga mengaku tidak menemukan kandungan gas metan di lokasi itu,” kata Kepala Polsek Candisari Semarang, Inspektur Polisi Satu Dhayita Daneswari.
 
Hingga kini sejumlah warga di daerah itu mengaku waswas dan terus berjaga di rumah Kastari. Warga khawatir api misterius itu akan muncul tiba-tiba dan membakar kampung mereka.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya