Menag: Arab Saudi Belum Bayar Santunan Korban Crane Jatuh

Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id - Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin, berharap pemerintah Arabi Saudi bisa segera membayarkan santunan yang dijanjikan terhadap keluarga korban crane yang jatuh saat beribadah haji di Mekkah pada September 2015.
Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji
 
"Sampai saat ini belum ada (pembayaran santunan) dari pihak Saudi. Sampai sekarang kita berharap agar secepatnya dibayarkan. Semoga pemerintah Saudi Arabia bisa mendengar,” ujar Menteri kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 23 februari 2016.
Tawaf dan Rahasianya
 
Ia menjelaskan bahwa para keluarga korban memang mendesak agar santunan bisa segera diberikan pada mereka. Sebabnya memang pemerintah Arabi Saudi pernah menjanjikan hal itu.
Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita
 
"Mereka (pemerintah Arabi Saudi) tidak memberikan alasan spesifik (keterlambatan pemberian santunan). Tapi mengatakan ini sedang diproses. Saya tidak tahu nominalnya," kata Lukman. 
 
Musibah crane jatuh itu terjadi di Masjidil Haram, Arabi Saudi, saat musim haji pada September 2015. Sebanyak 12 jemaah calon haji asal Indonesia meninggal dunia dan 42 jemaah yang lain mengalami luka.
 
Pemerintah Arab Saudi saat itu berjanji memberikan santunan sebesar Rp3,8 miliar bagi semua keluarga korban meninggal dunia maupun cacat fisik. Adapun untuk korban yang mengalami luka mendapatkan santunan Rp1,9 miliar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya