Menhan Sedih Ada Prajurit TNI-Polri Terjerat Narkoba

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, menyesalkan prajurit TNI mengonsumsi narkoba. Sejumlah anggota kedapatan menyalahgunakan narkoba dalam razia di perumahan Kostrad Jaya, Tanah Kusir, Jakarta, pada Minggu, 21 Februari 2016.
Diusulkan Tiru Filipina Perangi Narkoba, Ini Respons DPR
 
Ryamizard mengatakan bahwa narkoba sudah masuk ke seluruh lapisan masyarakat. Bahkan ke lingkungan TNI, yang dahulu tidak pernah terdengar.
DPR: Kicauan Freddy Budiman Adalah Pintu Masuk
 
"Dulu hampir enggak terdengar, berkembang dan terjadi sekarang. Menyedihkan kalau sudah TNI-Polri kena itu (narkoba) berbahaya," kata Ryamizard kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, 23 Februari 2016.
TKI Bawa Narkoba dari Malaysia Dituntut 18 Tahun Penjara
 
Menteri menghargai razia di perumahan Kostrad itu hingga ditemukan sejumlah prajurit yang mengonsumsi narkoba. Itu sekaligus membuka kepada publik bahwa lembaga TNI pun telah terpapar bahaya narkoba sehingga peringatan kepada semua pihak.
 
Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu menjelaskan, dalam militer biasanya dilakukan apel siaga. Seperti batalion dalam sehari bisa hingga empat kali. Menurutnya, perlu sering dilakukan apel yang rutin. Apel semacam itu bisa memperkecil kemungkinan penyalahgunaan narkoba karena ada proses pengawasan dari pimpinan.
 
Ryamizard mengatakan, dulu ketika dia SMA saja sampai buku yang dibawa ke sekolah harus diperiksa guru. Pemeriksaan bukan untuk mencari-cari kesalahan, melainkan memastikan tidak ada penyalahgunaan narkoba,
 
Diberitakan sebelumnya, tim Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melakukan penggeledahan terhadap anggotanya yang diduga mengonsumsi narkoba di Kostrad Jaya, Tanah Kusir, Jakarta, Minggu, 21 Februari 2016.
 
Selain menangkap anggotanya yang diduga terlibat dalam transaksi itu, Kostrad juga dikabarkan menahan lima polisi dan warga sipil, termasuk seorang anggota DPR Fraksi PPP berinsial IH.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya