Luhut Selidiki Lima Masjid di Jakarta Sebarkan Doktrin ISIS

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Lima masjid di wilayah Ibu Kota Jakarta diduga digunakan untuk menyebarkan paham garis keras Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan merekrut pendukung baru.

Merasa Tersudut, ISIS Deklarasikan Perang Melawan Rusia

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan hal tersebut. Dia mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut, hanya saja tidak menerangkan dari siapa informasi itu didapat.

"Kita lihat (perkembangannya), baru dapat ceritanya kemarin," kata Luhut di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Februari 2016.

ISIS Ungkap Enam Alasan Membenci Barat dan Eropa

Saat ini, kata Luhut, sedang digali keterangan lebih lanjut atas informasi lima masjid di Jakarta yang diduga menjadi tempat penyebaran paham ISIS, untuk merekrut anggota baru. "Saya lagi cari keterangannya," mantan Kepala Staf Kepresidenan itu menegaskan.

Seperti diketahui, salah satu media Australia ABC, mengklaim menyaksikan pertemuan rahasia simpatisan ISIS di sebuah masjid di Jakarta Pusat yang diyakini merupakan wadah perekrutan militan di Ibu Kota. 

Malaysia Gagalkan Penculikan PM Najib oleh Teroris IS

Awak medianya mengklaim pertemuan rahasia itu terjadi di masjid As-Syuhada yang terletak di sebuah jalan yang tidak cukup besar untuk dimasuki mobil. Hanya saja lokasi masjid tidak disebutkan dengan jelas. 

Hasil penelusuran media tersebut menyebut bahwa setidaknya terdapat lima masjid di Jakarta yang menjadi tempat pemberian dakwah propaganda ISIS. 

Salah satunya adalah masjid di pinggiran Menteng, kawasan elite yang juga menjadi lokasi kediaman para perwakilan asing. Bahkan, pertemuan serupa juga pernah diadakan di masjid Al Fataa yang diikuti oleh Afif, salah satu teroris yang terlibat dalam serangan bom Thamrin di Jakarta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya