Risma Berkelit dan Salahkan El Nino soal Banjir di Surabaya

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.
Sumber :
VIVA.co.id - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma, berkelit tentang musibah banjir yang melanda Kota Pahlawan pada pekan lalu. Menurut dia, banjir itu akibat fenomena alam, curah hujan yang cukup tinggi pada tahun ini.
Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem
 
“Karena debit airnya memang tinggi, dan memang fenomena alamnya berubah-ubah,” ujar Risma kepada wartawan di Balai Kota Surabaya pada Rabu, 2 Maret 2016.
Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS
 
Fenomena alam yang berubah-ubah, kata Risma, menyebabkan prediksi dan antisipasi meleset. “Kalau dulu curah air sekian, lalu hujannya sekian, salurannya sekian. Kalau sekarang tidak bisa, ada faktor El Nino, La Nina, ada itu dan sebagainya,” katanya.
Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta
 
Risma mengaku sedang memikirkan cara agar bisa mengantisipasi banjir, dan bisa bertahan dalam berbagai kondisi alam. Salah satunya dengan membuat saluran-saluran air baru.
 
“Jadi, mungkin tahun depan curahnya tidak setinggi tahun ini. Tapi, siapa tahu lima tahun lagi akan kembali tinggi, dan saat itu kita pun sudah siap, karena sudah antisipasi sejak dini,” ujarnya.
 
Selain itu, Risma mengatakan telah bertemu sejumlah pengembang di Surabaya barat. Kepada para pengembang itu, Risma memberikan arahan untuk mencegah banjir di wilayahnya.
 
“Saya sudah memberikan masukan-masukan, dan mereka pun menyanggupi untuk melaksanakannya,” katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya