JK: Semua Kapal Angkut Sudah Bekas dan Tua

Kapal KMP Refelia II tenggelam
Sumber :
  • ANTARA/Budi Candra Setya

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kapal, karena rata-rata usia kapal sudah tua.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Menurut JK, masalah yang selalu terjadi di Indonesia hampir semua kapal untuk mengangkut orang adalah kapal bekas dan tua. "Kenapa begitu? Karena tidak ada perusahaan yang bisa mengoperasikan kapal baru dengan tarif yang murah. Ke Merak, Lampung itu dari dulu sampai sekarang sekitar Rp8.000 rupiah hingga Rp10.000. Bagaimana mungkin beli kapal baru di sana itu. Kapal saya dulu, masih termasuk bagus, saya jual," kata Wapres di kediamannya, Makassar, Sabtu, 5 Maret 2016.

Ia mengatakan, usia kapal ferry yang beroperasi di Indonesia diperkirakan mencapai 21 tahun. Dari segi keselamatan tentu kapal tersebut akan berbeda dengan kapal baru. Persoalannya ketika menggunakan kapal baru, harga tiket kapal tidak bisa dinaikkan karena pasti akan diprotes orang.

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

"Tidak ada yang sanggup bikin peremajaan dengan tarif begini. Saya dulu pernah jadi pengusaha ferry juga, nggak bisa. Yang tidak laku kapal Jepang semua pada beli. Lihat saja semua kapal bekas dikumpulin," katanya menambahkan.

Menurut Wapres, solusi jangka pendeknya harus ada pemeriksaan dan pengawasan yang ketat terhadap kapal-kapal yang beroperasi. Khususnya pemeriksaan juga menyangkut jumlah penumpang kapal bersangkutan. 

Wapres: Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN

(mus)

Jenazah para tenaga kerja Indonesia ilegal yang berhasil dievakuasi dari tengah laut usai kapal pengangkut mereka tenggelam di Batam, Rabu (2/11/2016)

Tim SAR Temukan 20 Jasad Korban Kapal Karam di Batam

Saat ini sudah 38 jenazah korban ditemukan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016