Sambut Gerhana, Planetarium Jakarta Sediakan Enam Teleskop

Ilustrasi/Mengamatai Gerhana matahari lewat teleskop
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yahana Sulam

VIVA.co.id –  Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan Jakarta akan menyediakan enam teleskop khusus bagi yang ingin menyaksikan fenomena gerhana matahari total pada Rabu, 9 Maret 2016.

Jangan Kelewat, Ini Waktu Gerhana Matahari di Jakarta

“Peliputan  dan  Observasi  bersama  Gerhana  Matahari  Parsial (sebagian) di  Taman  Ismail  Marzuki dengan enam buah teleskop,” tulis situs web Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta seperti dikutip, Minggu, 6 Maret 2016.

Tak cuma itu, Planetarium yang beralamat di Jalan Cikini Raya kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) ini juga akan menggelar ‘open house’ untuk menyaksikan apa yang terjadi saat GMT.
 
Selain mengamati Gerhana Matahari sebagian, disebutkan pula, bahwa akan ada nonton bareng, live streaming gerhana matahari total  di daerah  lintasan di lobby planetarium dan Observatorium.
 
Dijadwalkan untuk ‘open house’, Planetarium akan dimulai sejak pukul 04.30 WIB. Pengunjung akan dibagikan kacamata filter secara gratis, namun dengan jumlah yang terbatas.
 
Selain itu, bagi pengunjung yang akan melaksanakan Salat Gerhana disediakan Musala di samping pintu masuk Planetarium.
 
Tercatat, ada 12 provinsi di Indonesia yang dapat menyaksikan seluruh fenomena langka ini. Wilayah tersebut yaitu, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.
 
Tujuh kota yang dilewati GMT adalah Bengkulu, Palembang, Samarinda, Palu, Tanjung Pandan, Pangkalan Bun, dan Ternate.
 
Selain itu, sejumlah daerah lain di Indonesia juga bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian (GMS), antara lain Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon.

Krisis Planetarium Jakarta, Alat Tua Suku Cadang Tak Tersedia
Pengunjung Planetarium Jakarta ingin lihat Gerhana Matahari Cincin.

Planetarium Jakarta Ramai, Travelers Mau Lihat Gerhana Matahari Cincin

Antusiasme masyarakat ingin lihat gerhana matahari cincin.

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2019