Kapan Gerhana Matahari Total Terjadi Lagi di lndonesia?

gerhana matahari
Sumber :
  • VIVA.co.id/ D.A. Pitaloka

VIVA.co.id - Negara lndonesia telah mengalami gerhana matahari total pada 2016. Bahkan fenomena alam itu dapat dinikmati di hampir sebagian besar wilayah lndonesia. Lantas, kapan gerhana matahari total kembali terjadi di lndonesia?

Deputi Geofisika BMKG, Masturyono menyebut berdasarkan ahli astronomi, gerhana matahari total baru akan kembali terjadi pada 16 tahun yang akan datang.

"Kalau periodenya sesuai ahli astronomi, sekitar 16 tahunan, yang gerhana matahari penuh," kata Masturyono saat dihubungi, Rabu 9 Maret 2016.

Kendati demikian, Masturyono menyebut gerhana pada 16 tahun mendatang akan berbeda dengan yang terjadi pada 2016 ini. Bedanya adalah, fenomena pada 2016 cukup langka karena dapat terlihat di sebagian besar wilayah lndonesia. Gerhana seperti itu diperkirakan baru bisa terjadi lagi 350 tahun yang akan datang.

Sementara itu, untuk siklus 16 tahun, gerhana matahari hanya akan bisa dinikmati di beberapa daerah. "Jadi, kalau sekarang di jalur tengah lndonesia, mungkin (gerhana) tahun depan di ujung, di Papua, atau ujung Pulau Sumatera," ungkap dia.

Masturyono menambahkan, fenomena gerhana matahari sebenarnya cukup sering terjadi. Bahkan dalam satu tahun, bisa terjadi beberapa kali gerhana matahari namun tidak total.

"Iya bisa terjadi beberapa kali, yang sering itu gerhana matahari sebagian," ujar dia.

Gerhana Matahari, Ini Tanggapan Donny Alamsyah
 Detik-detik gerhana matahari total di atas perairan Belitung, Rabu 9 maret 2016.

Euforia Gerhana Matahari Total

GMT diperkirakan terjadi lagi pada 2023 dan 2042.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2016