Banjir dari Lereng Merapi Terjang Rumah di Bantul

Kali Code, Jogja
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro
VIVA.co.id - Hujan lebat yang terjadi di kawasan lereng Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebabkan sejumlah sungai yang berhulu di kawasan itu, seperti Sungai Code dan Sungai Winongo, nyaris meluap. 
Kota Padang Dilanda Banjir, Warga Diminta Evakuasi Sendiri
 
Banjir kiriman tidak hanya menerjang rumah warga di bantaran Sungai Code dan Sungai Winongo, namun juga di bantaran Sungai Mbedok, yang membelah wilayah Kabupaten Bantul. Banjir telah menerjang sedikitnya pekarangan dan rumah warga di Dusun Brajan, Desa Gonjen, Desa Tamantirto di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.
Puluhan Juta Meter Kubik Material Merapi Ancam Warga Yogya
 
Dilaporkan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah itu. Warga sudah mewaspadai dan mengantisipasi banjir itu. Mereka sudah memindahkan ternak ke tempat yang aman sehingga tidak hanyut akibat banjir kiriman.
BMKG: Banjir dari Lereng Merapi Masih Ancam Yogya
 
“Meski hewan ternak selamat, kandang hanyut. Rumah milik warga juga direndam banjir kiriman," kata Jumakir, anggota Komisi B DPRD Bantul, yang memantau lokasi terdampak banjir pada Sabtu malam, 12 Maret 2016.
 
Dia mengatakan bahwa untuk terjangan banjir kiriman yang melalui Sungai Winongo juga telah menerjang Pasar Niten, yang lokasinya tak jauh dari bantaran Sungai Winongo.
 
"Air banjir kiriman sampai ke pasar namun belum menerjang dagangan yang disimpan oleh pedagang di los-los yang ada di Pasar Niten," ujarnya.
 
Tak hanya itu, banjir kiriman juga menerjang rumah warga di sekitar pertigaan Tembi. Banjir kiriman bahkan sempat menggenangi puluhan rumah warga. "Padahal di Bantul hujan tidak terjadi dari sore hingga malam," kata Jumakir.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya