Pilkada DKI Jakarta

Demokrat Siap Berkoalisi, Ogah Pilih yang Independen

Roy Suryo
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Partai Demokrat dipastikan tidak akan absen dalam hajatan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPP Parta Demokrat, Roy Suryo.

Menurutnya, dengan 10 kursi di DPRD DKI, maka sangat dimungkinkan bagi partai berlambang Mercy ini untuk mengusung calon gubernur (cagub), atau calon wakil gubernur (cawagub) DKI dengan berkoalisi partai lainnya.

"Partai Demokrat akan mengajukan calon, baik cagub atau cawagub. Namun demikian, kami tidak akan mendukung cagub dan cawagub yang maju secara independen," kata Roy di Yogyakarta, Minggu 13 Maret 2016.

Mantan menteri pemuda dan olahraga tersebut juga mengatakan, sejauh ini nama yang digadang-gadang oleh Demokrat untuk maju menjadi cagub DKI adalah dirinya bersama Nachrowi Ramli, yang juga Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta.

"Dua nama ini baru muncul di kalangan internal kami. Belum ada nama lain," ungkapnya.

Roy pun mengakui elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, memang unggul dari kandidat cagub DKI yang kini marak disebutkan di media masa, sehingga harus ada strategi jika memang ingin mengalahkan tokoh yang biasa dipanggil Ahok itu.

"Satu-satunya cara semua partai bersatu, minus Nasdem, untuk melawan Ahok. Jika partai banyak mengusung calon, sangat sulit mengalahkan Ahok,"jelasnya.

Ahok, menurut Roy, belum sepenuhnya aman karena belum tentu persyaratan calon independen dipenuhi, padahal aturan atau persyaratan pasangan calon independen baru akan keluar pada Juli 2016.

"Bisa saja Ahok terpeleset dan gagal maju menjadi cagub gara-gara syaratnya tidak terpenuhi. Yang jelas, nama-nama cagub DKI yang pasti akan diusung baru akan diputuskan pertengahan bulan Agustus 2016," tutur Roy. (asp)

PKS Ingin PDIP Bergabung dengan Koalisi Lawan Ahok
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Pemprov DKI Timbun Dana Kesejahteraan Rakyat Rp13 Triliun

DKI adalah daerah yang paling tinggi jumlah dananya yang tak terpakai.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016