Masjidil Haram Belum Rampung, Kuota Haji RI Tetap 168 Ribu

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Kuota jamaah haji Indonesia tahun 2016 ternyata masih sama seperti jumlah tahun lalu, sebanyak 168 ribu jamaah. Tidak hanya Indonesia, kuota haji negara lain juga ditetapkan sama.

Hal itu diungkapkan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin di Ruang VIP Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta Kota Tangerang, Rabu 17 Maret 2016, sepulang melakukan kunjungan kerja di Arab Saudi.

"Sama saja seperti tahun lalu, 168 ribu orang. Belum ada penambahan," ujarnya.

Menurut Menag, permintaan tambahan kuota sebesar 10 ribu jamaah oleh Presiden Jokowi, belum bisa dipenuhi pada tahun ini.

Meski begitu kata Lukman, permintaan langsung Presiden Jokowi sudah pertimbangan pemerintahan Arab Saudi. "Mereka menyampaikan, kalau kuota permintaan Indonesia masih pertimbangan. Mengenai waktunya kapan, nanti pemerintah Arab Saudi yang akan menyampaikan langsung," katanya.

Menurutnya, dalam pertemuan perwakilan negara-negara di dunia dengan pemerintahan Arab Saudi, dijelaskan kalau penambahan kuota belum bisa dipenuhi karena masih berlangsungnya renovasi Masjidil Haram.

Hingga saat ini, Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI masih membahas besaran biaya ibadah haji. Bila sudah selesai, diharapkan para calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini, untuk segera melunasinya.
 

Tawaf dan Rahasianya
Anggota Komisi VIII Desy Ratnasari

Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Uang itu tak boleh digunakan sembarangan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2017