Luhut Pandjaitan Singgung Masalah HAM di Kuliah Umum ITB

Luhut Pandjaitan memberi kuliah umum di ITB, Bandung (18/3/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh Nadlir

VIVA.co.id – Hadir memberikan kuliah umum bertajuk "Perencanaan Pembangunan dan Politik Nasional di Era Nawacita" di Institut Teknologi Bandung (ITB) hari ini, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal pentingnya pengambilan keputusan dalam pemerintahan.

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

Salah satu hal yang perlu diselesaikan dengan policy making yang tepat kata dia adalah soal masalah HAM.

"Indonesia saat ini masuk periode yang sangat baik. Nah misal dalam masalah HAM, masalah HAM itu tidak pernah putus-putus, orang asing memandang kita rendah karena kita tak mampu buat keputusan bagaimana menyelesaikannya," kata Luhut di Aula Barat ITB, Bandung, Jawa Barat, Jumat 18 Maret 2016.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Keputusan itu menurut Luhut tak bisa diambil hanya karena dasar suka. Akan tetapi keputusan mengenai penyelesaian HAM selayaknya diambil melalui survei terlebih dahulu.

"Kalau Anda tak mampu mencari informasi, harus hitung risiko atau kalkukasi dalam setiap pengambilan keputusan. Itu harus jadi built in di tubuh, kita harus jujur, kita terlalu banyak kemunafikan," ujar Luhut.

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Tak hanya menekankan soal pentingnya pengambilan keputusan, Menko Polhukam juga menyampaikan pentingnya penyelesaian sebuah masalah pemerintahan dengan sistematis. Hal tersebut menurutnya harus dilakukan dengan kontekstual.

"Menyelesaikan masalah secara sistematis itu penting. Nah proses pengambilan keputusan belajar pada keadaan. Sebelum ambil policy," kata mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut.

Ikatan Alumni ITB setelah bertemu Presiden Jokowi

Tiga Saran Ikatan Alumni ITB kepada Presiden Jokowi

Terkait industri, produktivitas alumni dan ekonomi kerakyatan.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016