Dua TBBM dalam Kondisi Darurat, Penyaluran BBM Tetap Terjaga

Ilustrasi pemadaman api
Sumber :

VIVA.co.id – Meski terjadi kebakaran di TBBM Tuban dan unjuk rasa di TBBM Surabaya Group, Pertamina menjamin penyaluran BBM tetap terkendali dengan melakukan pengalihan ke empat TBBM lainnya di Jawa Timur.

Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning Resmi Beroperasi

Pada kondisi seperti ini, GM Marketing Operation Region V Ageng Giriyono langsung mengambil alih komando penanggulangan kondisi darurat dan penyaluran BBM melalui jalur alternatif.

“Penyaluran BBM merupakan prioritas kami agar masyarakat tetap bisa mendapatkan BBM untuk kegiatan sehari-hari. Pada saat yang bersamaan, kami tetap berupaya melakukan pemadaman  kebakaran di tanki BBM di TBBM Tuban,” ujarnya kepada wartawan pada Rabu 23 Maret 2016.

Ketika Batik Kubedistik Binaan Pertamina EP Tarakan Kebanjiran Pesanan

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/03/24/56f36d4f23ff6-simulasi-keadaan-darurat-unjuk-rasa-di-tbbm-surabaya-group-oleh-pertamina_663_382.jpg

Seperti diketahui, telah terjadi flash di area bundwall tanki No 7 yang berisi premium di Terminal BBM pada Rabu (23/3) sekitar pukul 08.45 WIB. Tidak ada korban jiwa, namun ada satu orang patah tulang dan satu orang luka bakar. Semua korban sudah mendapat penanganan medis.

Cara Pertamina EP Tanjung Field Bantu Hasilkan Cuan Warga Satu Desa

Sementara pada waktu yang hampir bersamaan, juga terjadi aksi mogok AMT (Awak Mobil Tanki) di Terminal BBM Surabaya Group yang sempat membuat sejumlah mobil tanki tidak dapat beroperasi. Namun hal ini sudah tertangani dengan bantuan sekitar 30 personil TNI AD yang mengendarai mobil tanki agar dapat tetap beroperasi.

Aksi mogok AMT di TBBM Surabaya Grup berakhir pukul 09.30 WIB dan kebakaran di TBBM Tuban berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.17 WIB. Selanjutnya kegiatan operasional di kedua TBBM tersebut kembali berjalan normal.

Dari pantauan lapangan, tidak ada kekosongan BBM yang terjadi di SPBU dan penjualan di SPBU pun berjalan normal seperti biasa.

Pertama Kali di Dua Lokasi
Demikian skenario yang terjadi pada Simulasi Keadaan Darurat yang dilakukan Pertamina Marketing Operation Region V. Simulasi ini merupakan latihan rutin yang dilakukan oleh Pertamina untuk mengantisipasi berbagai kondisi darurat terutama di wilayah operasional.

Meski sudah dilakukan rutin, namun simulasi kali ini merupakan yang pertama kali melibatkan dua lokasi sekaligus, apalagi lokasi yang terlibat merupakan dua sarfas utama dalam penyaluran BBM di Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur.

Simulasi Keadaan Darurat kali ini melibatkan dua TBBM besar di wilayah Marketing Operation Region V, yaitu TBBM Tuban dan TBBM Surabaya Group pada waktu yang hampir bersamaan. Dengan melibatkan puluhan personil dari berbagai divisi mulai dari HSSE (Health,  Safety, Security & Environment), komunikasi, Retail Fuel Marketing, Supply & Distribution, dan sebagainya.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/03/24/56f36dd58897b-simulasi-keadaan-darurat-kebakaran-di-tbbm-tuban-oleh-pertamina_663_382.jpg

Melalui latihan seperti ini, Pertamina memastikan kesiapan personil dan sarfas di wilayah operasionalnya ketika menghadapi kondisi darurat yang sesungguhnya.

“Hal ini penting karena Pertamina mengelola objek vital nasional terutama BBM dan LPG. Sehingga apabila terjadi keadaan darurat, maka kami harus bisa menanganinya dalam waktu yang cepat dan dengan cara yang tepat agar pelayanan ke masyarakat tidak terganggu,” ujar Ageng.   (Web)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya