Menteri Luhut dan Tjahjo Cek Perbatasan di Papua

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Jakarta, Jumat (12/2/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh Nadlir

VIVA.co.id – Hari ini, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Neger Tjahjo Kumolo dan Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso akan mengunjungi Papua dan mendarat di Jayapura. Kunjungan tersebut terkait sosialisasi bahaya narkotika dan terorisme serta pengecekan daerah perbatasan di provinsi paling timur Indonesia tersebut.

Sejumlah Legislator Papua Masih Keberatan UU Otsus, Ini Sebabnya

Rombongan tersebut dijadwalkan sudah terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma pada sekitar pukul 09.00 WIB, Senin 28 Maret 2016 dengan menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI Angkatan Udara. Dijadwalkan bakal tiba di Jayapura pada pukul 16.15 WIT.

Menurut informasi yang dihimpun VIVA.co.id, para pejabat tersebut akan langsung bertemu dengan Gubernur Papua Lukas Enembe, Pangdam Cenderawasih Mayor Jenderal Hinsa Siburian dan Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw.

Puan Dorong Aturan Turunan UU Otsus Papua Sesuai Aspirasi Rakyat

Agenda pada hari Selasa, 29 Maret 2016 yaitu menuju perbatasan Indonesia dan Papua Nugini di Skow untuk meninjau kondisi pos perbatasan serta pengembangan kawasan permukiman khusus. Menko Polhukam dan Mendagri juga akan bertatap muka dengan masyarakat di sekitar perbatasan.
 
Setelah dari perbatasan, rombongan akan menuju GOR Cenderawasih untuk menghadiri acara sosialisasi tentang bahaya terorisme dan narkoba. Kedua menteri juga akan memberikan pengarahan kepada para bupati dan pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Papua.

Setelah kunjungan 2 hari di Papua, Menko Polhukam Luhut Pandjaitan dan rombongan pada Rabu, 30 Maret akan bertolak ke Kawasan Pasifik yaitu negara Fiji. Dijadwalkan, Luhut akan melakukan transit pada pukul 10.15 waktu setempat di Bandara  Internasional Jacksons Port Moresby, Papua Nugini kemudian melanjutkan perjalanan ke  ke Bandara Internasional Noumea, Kaledonia Baru, selanjutnya menuju Bandara Internasional Suva di Fiji.
 
Di Fiji, Menko Polhulkam akan bertemu dengan Perdana Menteri Fiji, Rear Admiral (Retired) Voreqe Bainimarama, Menlu Fiji Inoke Kubuabola, Menteri Pertanian Fiji Inia Seruiratu. Setelah kunjungan ke Fiji, Menko Polhukam dijadwalkan langsung kembali ke Jakarta.

KPK Diminta Usut Dugaan Korupsi Dana Otsus dan PON Papua
Mahasiswa dan warga asal Papua demo soal otsus di Kemendagri

Tokoh Masyarakat Papua Minta Pengawasan Dana Otsus Diperketat

Pengawasan penggunaan dana otsus Papua harus diperketat, karena hingga kini penggunaannya juga tidak jelas. Benarkah demikian? Lalu siapa yang diuntungkan?

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021