Baling-baling Rusak, Wings Air Mendarat Darurat di Berau

Pesawat Wings Air mendarat darurat di Berau, Kalimantan Utara, Selasa, 29 Maret 2016.
Sumber :
  • tvOne/Tahir

VIVA.co.id - Pesawat Wings Air tujuan Berau - Balikpapan yang baru terbang sekitar 15 menit di udara dikabarkan kembali mendarat di Bandara Kalimarau, Berau, Kalimantan Utara, Selasa, 19 Maret 2016.

Pesawat berjenis ATR 72-500 itu diketahui mengalami kerusakan pada mesin sebelah kanan yang mengakibatkan baling-baling di sayap kanan pesawat mati.

Pesawat Egypt Air Dibajak, Didaratkan di Siprus

Sang pilot, Kapten Chondro Argo, yang merasa ada kerusakan pada bagian mesin setelah 15 menit terbang, langsung memutuskan untuk kembali ke bandara.

Pilot berhasil mendaratkan pesawat yang membawa 70 penumpang itu dengan mulus sekalipun dengan satu mesin. Seluruh penumpang dalam kondisi selamat dan langsung dievakuasi ke bandara.

Salah satu penumpang tujuan Palu yang transit di Balikpapan, Merdekani, mengaku terkejut setelah 15 menit terbang kemudian pramugari mengumumkan bahwa pesawat akan kembali ke Bandara Kalimarau, karena ada kerusakan teknis pada bagian mesin.

"Diumumkan oleh pramugarinya, demi keselamatan diharapkan kembaliĀ  lagi ke Bandara Kalimarau, Berau," kata Merdekani.

Lain halnya dengan Hilmi, penumpang tujuan Surabaya yang transit di Balikpapan ini mengaku sempat khawatir. Sebab sebelum naik ke pesawat, mesin pesawat sudah menyala namun AC pesawat tiba-tiba mati semua. Saat itu, seluruh penumpang juga melihat ada teknisi tengah memperbaiki baling-baling pesawat.

"Sempat ragu berangkat nggak ya, tapi ya sudah yang lain tenang-tenang saja," ujar Hilmi.

Sementara itu, pihak Wings Air mengakui adanya kerusakan pada mesin nomor dua, sehingga mesin pesawat tidak bisa berfungsi 100 persen. Kemudian untuk para penumpang tujuan Balikpapan, akan dialihkan ke pesawat berikutnya pukul 10.00 WITA.

"Pesawat dengan nomor penerbangan 1361 tujuan Balikpapan ini masih dalam perbaikan," kata Staf Wings Air, Ratna Eli Sari.

Muhammad Tahir/tvOne Berau.

Pesawat Wings Air mendarat darurat di Berau, Kalimantan Utara, Selasa, 29 Maret 2016.

KNKT Selidiki Pesawat Wings Air Tabrakan di Kupang

Wings Air menabrak taxiway hingga menyebabkan robek di ekornya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016