Sitaro Gempa 5,4 SR, Bisa Picu Gunung Karangetang Meletus

Gunung Karangetang di Sulawesi Utara
Sumber :
  • Istimewa PVMBG
VIVA.co.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, Selasa, 29 Maret 2016 pukul 16.18:11 Wita.
1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

Gempa berkekuatan 5,4 skala ricter itu berpusat di 2.31 LU-126.18 BT dan kedalaman 10 kilometer serta 85 kilometer tenggara Kabupaten Kepulauan Sitaro.
147 Rumah di Dompu Rusak Akibat Gempa

Meski gempa tidak berpotensi terjadi tsunami, getaran sempat dirasakan masyarakat. "Ya, barusan ada gempa bumi. Tapi kami tidak panik," ujar Winny Masala, warga Ulu, Kabupaten Sitaro.
Gempa 5,6 SR Guncang Dompu, NTB

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro, Bob Charlton Wuaten mengatakan, gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami. "Sitaro memang rawan bencana. Makanya, meski gempa bumi tidak berpotensi tsunami tapi kami minta warga tetap waspada," ujarnya.

Namun menurut Wuaten, gempa itu bisa memicu Gunung Karangetang meletus. “Meski tidak berpotensi tsunami, berpeluang terjadinya letusan Gunung Api Karangetang," katanya menambahkan.

Warga yang berada di kaki Gunung Karangetang diharapkan tetap waspada. "Gunung Karengetang meletus memang dianggap warga biasa terjadi tapi dengan adanya gempa yang baru terjadi diminta harus hati-hati. Bencana bisa terjadi kapan saja."

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya