Hujan Lebat, Bandara Adisutjipto Yogyakarta Ditutup

Bandara Adisutjipto Yogyakarta saat sempat ditutup karena cuaca buruk
Sumber :
  • VIVA.co.id/Berton Siregar

VIVA.co.id - Hujan lebat yang terjadi setiap siang hingga sore hari dalam beberapa hari terakhir di Kota Yogyakarta menyebabkan operasional Bandara Adisutjipto, Yogyakarta ditutup sementara. Penutupan bandara dilakukan selama 30 menit, yakni pukul 16.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

"Penutupan dilakukan karena jarak pandang pilot terbatas dan tidak memungkinkan pesawat take off atau landing," kata Manajer Humas Bandara Adi Sucipto Edwin Wibowo, Rabu 30 Maret 2016.

Sucipto membantah penutupan bandara karena ada genangan air di landasan pacu, tapi sebatas faktor cuaca. Sistem drainase di bandara sangat baik sehingga tidak ada genangan air.

"Tidak ada genangan air yang jelas. Kita aman kalau sistem air kita," ujarnya.

Edwin mengatakan pihak bandara akan melihat kondisi cuaca hingga 16.30 WIB. Penutupan akan terus dilakukan jika kondisi cuaca masih tidak memungkinkan bagi penerbangan. Akibat penutupan ini ada satu penerbangan yang terpaksa dialihkan ke Surabaya.

"Ada satu penerbangan dialihkan ke Surabaya. Hanya satu. iya terganggu ya terganggu tapi tidak terlalu. Kita tunggu dahulu semoga dibuka ini kan 30 menit saja. Lihat jarak pandang juga," ujarnya.

Hujan deras yang mengguyur Yogyakarta juga menyebabkan pohon tumbang di Jalan Rejowinangun sehingga menyebabkan kemacetan panjang. Arus lalu lintas terpaksa dialihkan menunggu proses evakuasi pohon yang melintang di tengah jalan selesai.

TNI AU Lakukan Pendekatan Persuasif ke Jogja Bay
Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta

Lagi, Calon Penumpang Pesawat Ngaku Bawa Bom

Ia mengaku kesal dengan pelayanan maskapai tersebut.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2016