Pimpinan DPR Minta Sarana Bandara Halim Dimutakhirkan

Batik Air tabrakan di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin malam (4/4/2016).
Sumber :
  • Dokumentasi Istimewa

VIVA.co.id – Setelah terjadi kecelakaan antara pesawat Batik Air dan TransNusa di landasan Bandara Halim Perdanakusuma, Pimpinan DPR langsung menggelar inspeksi terhadap kesiapan sarana prasarana bandara tersebut.

Hard Gumay Ungkap Akan ada 2 Kecelakaan Pesawat hingga Gempa Besar

Usai inspeksi, dia mendapati Air Traffic Controller (ATC) Bandara Halim hanya menggunakan visual, tanpa radar. Meski dalam Undang-undang Penerbangan hal ini diperbolehkan, karena pengaturan di bandara bisa hanya menggunakan visual.

Namun, Agus menilai, sebagai bandara berstandar internasional, Halim harusnya seperti Bandara Soekarno-Hatta, di mana pengaturan ATC dibantu radar.

Lagi, 2 Pesawat Tabrakan di Bandara Jepang

"Kalau seperti di Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta), itu sudah ditambah lagi radar, jadi bisa mengetahui dengan jelas. Karena, (misalnya) oh ini pesawat sudah mulai gerak. Padahal, kemarin kejadianya itu sore, sudah malam. Jadi, ya mungkin secara visual menurut saya kurang begitu bisa," kata Agus di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa 5 April 2016.

Maka dari itu, menurutnya, masalah navigasi di Bandara Halim harus diperbaharui, sehingga bisa lebih layak memantau pergerakan pesawat.

Cerita Ciro Alves Pesawat yang Ditumpangi Nyaris Jatuh: Rasanya Mau Mati, Sungguh Mengerikan

"Karena, kan sudah malam lihat lampunya, apakah ini sudah sampai di tikungan atau belum. Sehingga, menurut saya, masalah navigasi harus dipermodern. Sehingga, betul-betul bisa peroleh kepastian. Ini masalah jaminan, keselamatan nomor satu," tambahnya.

Sebelumnya, terjadi tabrakan di landasan Bandara Halim Perdanakusuma, antara pesawat Batik Air dan TransNusa. Akibatnya, sayap kiri Batik Air rusak, begitu juga dengan TransNusa, yang mengalami rusak di sayap kiri dan ekor pesawat. (asp)

Hard Gumay

Terpopuler: Hard Gumay Sebut 2 Kecelakaan Pesawat hingga Kedekatan Nikita Mirzani dan Ajudan Prabowo

Round-up dari kanal Showbiz pada Minggu, 25 Februari 2024. Salah satunya tentang Hard Gumay yang menyebut akan ada 2 kecelakaan pesawat.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024