Robot Buatan Anak SD Ini Juara di Singapura

Tiga Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya Menangkan RoboCup Singapura
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Januar Adi Sagita

VIVA.co.id – Anak-anak Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah kompetisi internasional. Kali ini, Robot Rescue hasil karya tiga siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Jawa Timur, berhasil menjadi juara dalam kompetisi RoboCup Open di Singapura yang digelar pada 30 Maret hingga 2 April 2016.

Indonesia Tak Sisakan Wakil di Singapore Open

Ketiga siswa itu adalah Alwansyah Muhammad, Gatra Reyhansyah, dan Firman Fathoni. Mereka merupakan siswa yang masih duduk di kelas VI SD.

Penanggung jawab kelas robotika SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Endik Setyawan, mengatakan, terdapat tiga penilaian yang membuat robot buatan anak asuhnya itu memenangkan pertandingan.

114 Tim Bertarung dalam Kontes Robot Indonesia

“Di antaranya mulai dari pergerakan robot, yaitu bergerak melewati jembatan. Lalu menghindari obstacle, dan mengambil bola sebanyak 3 kali. Robot buatan anak-anak bisa melaluinya dengan sangat mulus,” kata Endik di Surabaya, Selasa 5 April 2016.

Endik mengaku sangat bangga dengan prestasi murid-muridnya itu. Sebab, mereka menjadi juara dengan mengalahkan sejumlah tim kuat dari berbagai negara.

Siswa SD Sampai Mahasiwa Adu Robot di Semarang

Robot yang mereka buat sempat bertarung sengit dengan robot perwakilan China. “Total kami melawan 15 tim dari negara lain. Ada yang dari Malaysia, Korea Selatan, China, Thailand, dan Singapura,” kata Endik.

Dengan kemenangan itu, tim tersebut berhak untuk tampil di kejuaraan robot di Leipzig, Jerman. Rencananya, kompetisi itu akan digelar mulai 30 Juni hingga 3 Juli 2016. 

“Kesempatan besar ini tidak akan kami sia-siakan, pasti akan kami persiapkan dengan baik dan meningkatkan kemampuan robot,” ujar Endik. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya