Gempa Garut Juga Terasa Hingga Jakarta

Kepanikan warga menyusul gempa di Garut, Rabu malam (6/4/16).
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id - Guncangan gempa dengan kekuatan 6,1 skala richter terjadi di Garut, Jawa Barat. Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer di Samudera Hindia yang terletak 101 kilometer arah barat daya Garut. Gempa paling keras dirasakan oleh warga di Kabupaten Garut.

"Gempa terasa cukup kuat antara tiga sampai empat detik, masyarakat berhamburan ke luar rumah," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 6 April 2016.

Sutopo mengatakan, gempa berada pada sisi dalam lempeng Eurasia. Hal itu membuat guncangan terasa, terutama oleh warga di selatan Jawa Barat, sebagian provinsi Banten, dan Jawa Tengah.

"Gempa dengan intensitas sedang juga dirasakan oleh masyarakat di Bogor, Lebak, Pandeglang Selatan, Jakarta, Purwakarta dan Ciamis," ujar Sutopo.

Sutopo mengatakan, BNPB hingga kini belum mendapat laporan adanya kerusakan atau korban. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat masih melakukan pendataan. "Update akan disampaikan setelah ada laporan dari daerah," ujar Sutopo. (one)

Gara-gara Uang Rp30 Ribu, Tukang Ojek Ini Cekik Istrinya
Ilustrasi/Banjir di Aceh

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

Total korban meninggal akibat bencana mencapai 267 orang.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016