Kawanan Hiu Paus Bermunculan di Pantai Teluk Tomini

Hiu Paus (Whale Shark).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

VIVA.co.id – Tak kurang dari delapan ekor hiu paus (Rhincodon typus) atau Whale Shark bermunculan di pesisir Teluk Tomini, yang terletak di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Viral Kemunculan Ikan Raksasa, Ilmuwan Beberkan Fakta Mengejutkan

Belum diketahui apa penyebab kemunculan hiu berukuran 10 meter ini. Namun kini keberadaannya menjadi perhatian warga.

"Sudah dua pekan ini muncul di bibir pantai. Awalnya kami takut untuk mendekati, tapi setelah tahu hiu ini jinak, akhirnya jadi tontonan," kata nelayan setempat, Ridwan Abdul latif, Jumat 8 April 2016.

Ikan 'Siluman' Mola-mola Raksasa Terdampar, Ilmuwan Penasaran

Kawanan hiu paus ini berkumpul hanya berjarak 30 meter dari bibir pantai Teluk Tomini. Hewan mamalia ini juga sangat jinak.

Siapa pun bisa bermain dengan hiu paus ini. "Cukup naik perahu, terus ketuk-ketuk badan perahu, mereka muncul ke permukaan. Kami bisa kasih makan udang ke mereka," kata Ridwan.

Tanpa Dipancing Ikan Raksasa Tuna Sirip Biru Keluar dari Laut

Sejauh ini, karena kemunculan Hiu Paus ini sudah banyak didengar warga. Sejumlah warga pun berduyun-duyun menyaksikan kehadiran Hiu Paus. Belum ada upaya untuk mengantisipasi lebih jauh terkait terganggunya aktivitas harian dari hiu paus ini.

Hiu paus adalah hiu pemakan plankton. Hewan raksasa ini memiliki kebiasaan makan dengan menyaring air laut.

Di Pulau Jawa, mamalia ini juga dikenal dengan sebutan Geger Lintang. Ia hidup mengembara di samudera troopis dan lautan beriklim hangat. Penelitian menyebut ikan Hiu paus bisa bertahan hidup hingga umur 70 tahun. (ase)

Kadek Sugiarta/Gorontalo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya