Kolonel Pnb SM Handoko Jabat Danlanud Halim Perdanakusuma

Sertijab Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Halim Perdanakusuma dari Marsekal Pertama TNI Umar Sugeng kepada Kolonel Pnb Sri Mulyo Handoko, Selasa, 12 April 2016.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA.co.id Kolonel Pnb Sri Mulyo Handoko resmi menjabat Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Halim Perdanakusuma, menggantikan Marsekal Pertama Umar Sugeng yang selanjutnya ditugaskan sebagai Wakil Asisten Operasi Kepala Staf TNI AU (Wassops Kasau).

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I (Pangkoops), Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna, yang memimpin upacara serah terima jabatan Danlanud Halim Perdanakusuma berpesan agar Danlanud Halim Perdanakusuma yang baru bisa melanjutkan kinerja yang diwariskan oleh pendahulunya.

Yuyu mengatakan Lanud Halim Perdanakusuma sangat strategis karena berada di Ibu Kota. Beberapa operasi rutin dilakukan di Lanud Halim Perdanakusuma seperti operasi perang, selain perang, VVIP,  dan tugas utama pengamanan tamu VVIP.

"Dengan pergantian pejabat ini, saya harapkan pejabat baru bisa melaksanakan tugas dengan baik," kata Yuyu di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa, 12 April 2016

Yuyu menambahkan, sebagai Lanud yang memiliki posisi strategis, setiap operasi TNI dan pemberangkatan Presiden, Wakil Presiden, menteri, dan tamu negara selalu mendarat dan berangkat dari Halim Perdanakusuma. Selain itu, di tempat tersebut juga menjadi home base pesawat angkut.

"Sehingga kita tahu negara kita sering terjadi bencana dan sangat memerlukan pesawat angkut yang banyak. Ini menjadi konsen saya terhadap Halim Perdanakusuma. Hercules ada di sini, pesawat angkut sedang CN-925 ada disini, CN-235 disini, jadi banyak disini, pesawat VIP juga ada disini," ujar Yuyu.

Menurut Yuyu, butuh kesiapan yang tinggi untuk memimpin Lanud Halim Perdanakusuma. Mengingat posisinya yang begitu strategis. "Mengingat Lanud Halim ini sangat strategis Sehingga menuntut kesiapan yang tinggi untuk bertugas disini," tegas dia.

Kolonel SM Handoko merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1987 dari kesatuan penerbang. Pria kelahiran Ponorogo tahun 1963 itu merupakan penerbang pesawat Fokker-27.

Handoko pernah menjabat Komandan Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Direktur Operasi (Dirops) Komando Pendidikan TNI AU, dan sebelum menjabat Danlanud Halim, Handoko bertugas sebagai Perwira Pembantu Pembinaan dan Pendidikan Asisten Personil KSAU (Paban IV/Bindik) di Markas Besar TNI AU, Cilangkap. (ase)

Mengenal Sosok Jenderal Bintang 5 yang Hanya Ada 3 di Indonesia
jenderal bintang 4

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Ada dua perwira tinggi dengan pangkat jenderal bintang empat yang tengah aktif berdinas di TNI. Salah satunya adalah menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024