Banyak Jaksa Ditangkap KPK, DPR Panggil HM Prasetyo

Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Komisi III DPR miris dengan makin banyaknya jaksa yang ditangkap KPK karena terkait berbagai upaya korupsi. Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa mengatakan, Jaksa Agung HM Prasetyo telah gagal membina institusinya. 

Saksi Ungkap Kejanggalan Kerugian Negara Korupsi BPJS Subang
"Kejaksaan hari ini semakin jelas ada persoalan tidak beres. Kejaksaan paling jelek saat dipimpin Prasetyo," ujar Desmond di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 13 April 2016.
 
Bupati Ojang Sohandi Jadi Saksi Kasus Suap BPJS Subang
Selain itu, Desmond heran dengan sikap Kejaksaan yang protes saat KPK melakukan penggeledahan karena dianggap tidak sesuai standar operasional dan prosedur (SOP). "Seolah-olah jaksa ini sakit, merasa paling bener sendiri," ujarnya. 
 
Dua Jaksa Ditangkap KPK, Kejagung Tingkatkan Pengawasan
Dengan berbagai kasus dan upaya pembelaan jaksa saat operasi KPK, politikus Gerindra ini melihat ada kegagalan dalam pembinaan di Kejaksaan Agung. 
 
Desmond memastikan Kejaksaan Agung harus dievaluasi dan melakukan pembenahan secara terstruktur. Agar berbagai masalah di internal Kejaksaan bisa segera dibenahi. "Senin kita RDP dengan Jaksa Agung dan bicara masalah ini. Kita serius menanggapi ini," tegasnya. 
 
Sementara itu Anggota komisi III DPR, Wihadi Wiyanto menyatakan hal senada. "Jaksa Agung harusnya memberikan pengawasan khusus. Dua kali ini kaitannya masalah Kejaksaan ditangani KPK," kata Wihadi.
 
Sebelumnya Senin, 11 April, KPK menangkap seorang jaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Penyidik KPK menyita uang ratusan juta rupiah dalam operasi tangkap tangan itu. 
 
Jaksa Agung Muda Pengawasan Widyopramono menyebut jaksa dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat yang ditangkap, sedang menangani kasus korupsi terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya