Alasan Abu Bakar Baasyir Dipindah dari Nusakambangan

Baracuda dan Brimob disiagakan di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Sabtu (16/4/16).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Terpidana terorisme Abu Bakar Ba’asyir direncanakan bakal dipindah dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Abu Bakar Ba’asyir rencananya akan dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, atau markas BNPT, Sentul, Bogor Jawa Barat.

Dari informasi yang dihimpun, aktivitas rencana pemindahan sudah terpantau di Lapas Nusakambangan. Bahkan, pengamanan lengkap melibatkan anggota Brimob bersenjata lengkap dan Baracuda sudah disiagakan mulai dari Lapas Nusakambangan dan Dermaga Wijayapura, Cilacap.

Kabiro Humas Kementerian Hukum dan HAM Efendy B Paranginangin belum bisa memastikan kepindahan Abu Bakar Ba’asyir hari ini. Namun rencana itu memang sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

"Pertimbangannya Abu Bakar Baasyir dipindah karena alasan usia, biar lebih manusiawi saja,"  kata Efendy kepada VIVA.co.id, Sabtu, 16 April 2016.

Baasyir Dipindahkan dengan Kendaraan Lapis Baja

Dia juga memastikan, meski disebut-sebut akan dipindah ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, namun lapas tersebut cukup aman untuk seorang narapidana terorisme sekelas Abu Bakar Ba’asyir.

"Aman, penjagaan juga ketat, jadi tak mungkin (kesempatan melarikan diri dan ancaman teror)," kata dia.

Pertanyaan yang mencuat ke publik, apakah Abu Bakar Ba’asyir dipindah lantaran ingin dipisah dari Aman Abdurahman, terduga teroris lainnya?

"Bukan, benar-benar pertimbangan kemanusiaan, dia sudah sepuh," tegas Efendy.

Inikah Alasan Sebenarnya Baasyir Dipindah dari Nusakambangan
Abu Bakar Baasyir saat di Lapas Pasir Miskin, Nusa Kambangan, Jawa Tengah sebelum dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur Bogor Jawa Barat.

Di Gunung Sindur, Baasyir Satu Blok dengan Napi Teroris

Dia satu blok dengan terpidana teroris Muhammad Natsir.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2016