Saat Uji Coba, Tol Pejagan-Pemalang Gratis Selama Seminggu

Jalan tol Pejagan-Pemalang
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

VIVA.co.id – Tim uji kelayakan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Bina Marga dan Kementerian Perhubungan menginspeksi kesiapan Tol Pejagan-Brebes Timur untuk beroperasi Mei 2016 mendatang. 

H-7 hingga H-1 Lebaran 2020, Cuma 465 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta

Rencananya, usai dinyatakan layak, jalan tol Pejagan-Brebes Timur yang menjadi bagian dari tol Pejagan-Pemalang, akan dibuka untuk uji coba buat umum selama seminggu. Selama uji coba itu, nantinya pengguna jalan tol diperbolehkan melintas secara gratis, tanpa harus membayar biaya tol.

"Yah seperti pembukaan jalan tol sebelumnya, biasanya akan gratis selama seminggu," kata Kepala Bagian Umum Sekretariat BPJT, Mahbullah Nurdin, dalam presstour persiapan jalur mudik lebaran, Selasa, 26 April 2016.

Pertamina MOR III: Konsumsi Pertamax Ramadan-Idul Fitri Naik 12 Persen

Setelah uji coba selama seminggu, tol ini nantinya akan disiapkan sebagai jalur untuk arus mudik lebaran 2016. Mengenai tarifnya, Nurdin menuturkan, sampai saat ini belum ada pembicaraan mengenai besaran tarif.

"Belum diketahui, nanti dirapatkan. Kalau saya sebut saya sudah mendahului, tapi yang pasti jika lulus uji layak tol ini akan sangat membantu mengurai kemacetan saat jalur mudik," ujarnya.

Jadwal THR dan Cuti Jadi Evaluasi Kemenhub di Angkutan Lebaran 2020

Nantinya, pembayaran tol Pejagan-Pemalang akan terintegrasi dengan tol Kanci-Pejagan.

"Nanti akan dibuat terintegrasi juga pembayarannya, kalau tol Kanci-Pejagan kan sudah ada tarifnya Rp24 ribu, jadi nanti ditambah dengan tol Pejagan-Pemalang," ucapnya.

Dia pun optimistis jalan tol ini akan lulus uji kelayakan, sehingga dinyatakan aman dilewati kendaraan. "Kalau tadi saya lihat kayanya sudah siap semua," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya