Pemerintah Serahkan 10 Korban Sandera ke Keluarga

Penyerahan 10 ABK kepada keluarga
Sumber :
  • VIVA/Ade Alfath

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri secara resmi menyerahkan 10 Anak Buah Kapal (ABK) yang sempat disandera Abu Sayyaf kepada pihak keluarga.

RI Upayakan 2 WNI Sandera Abu Sayyaf Bisa Cepat Pulang

Serah terima dilakukan secara simbolis oleh Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, kepada pihak keluarga, yang diwakili oleh Yola, istri salah satu ABK, Alvian Elvis Peti, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jl Pejambon, Jakarta, Senin 2 Mei 2016.

Kesepuluh ABK disambut haru oleh keluarga, serta perwakilan perusahaan. Isak tangis haru keluarga sempat mewarnai acara serah terima. "Pemulangan ini difasilitasi oleh pemerintah dan perusahaan pemilik kapal," ujar Retno.

Dua WNI Eks Sandera Abu Sayyaf Bertemu Keluarga

Serah terima itu ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima antara pemerintah selaku pihak pertama atau yang menyerahkan, pihak keluarga selaku pihak kedua, dan pihak perusahaan sebagai saksi.

Berikut ke sepuluh ABK yang diserahkan ke keluarga masing-masing:

Ditebus 30 Juta Peso, Tiga WNI Dibebaskan Abu Sayyaf

1. Peter Tonsen Barahama.

2. Julian Philip.

3. Alvian Elvis Peti.

4. Mahmud.

5. Surian Syah.

6. Surianto.

7. Wawan Saputra.

8. Bayu Oktavianto.

9. Rinaldi.

10. Wendi Raknadia.

Sebelumnya, sebanyak 10 ABK itu sempat diculik kelompok militan Abu Sayyaf sebelum akhirnya dibebaskan di Filipina Selatan. Para pelaut itu dilepaskan setelah lima pekan menjadi tawanan kelompok Abu Sayyaf.

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya