Gajah Sekarat, Ridwan Kamil Tegur Kebun Binatang Bandung

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id – Walikota Bandung Ridwan Kamil menegur pengelola Kebun Binatang Bandung, karena membiarkan seekor gajah Sumatera sekarat di dalam kandangnya.

Bangkai Gajah di Lahan Sawit Aceh Dibedah

Teguran disampaikan saat dia menginspeksi kebun binatang itu. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan, melihat seekor Gajah berusia 34 tahun, terbaring lemas dengan dipagari terpal biru untuk menutupinya dari pengunjung. 

Inspeksi dia lakukan setelah beredar petisi dari masyarakat dalam situs Change.org, menuntut adanya perbaikan kondisi kebun binatang. 

Setelah melakukan inspeksi, Emil meminta pengelola kebun binatang serius mengobati gajah itu. Di saat bersamaan, dia juga merasa heran, dengan Kebun Binatang Bandung yang ternyata tidak punya dokter hewan khusus.

Lagi, Gajah Sumatera Tewas Diracun di Perkebunan Sawit

"Ini sangat memprihatinkan. Jadi mewakili kekecewaan dari banyak pihak," kata Emil usai melakukan inspeksi, Rabu 11 Mei 2016.

Orang nomor satu di Bandung ini juga meminta pihak pengelola segera memikirkan langkah perbaikan, karena menilai kondisi hewan dan fasilitas di kebun binatang itu sudah mengkhawatirkan. Pemerintah Kota Bandung tidak bisa mencampuri perbaikan ini karena kebun binatang tersebut dikelola swasta.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Sebelumnya, kata Emil, Pemerintah Kota Bandung pernah memberikan tawaran agar pihak pengelola mau bekerjasama dengan mereka, karena kebun binatang ini telah menjadi tujuan wisata masyarakat.

Laporan: Jhon Hendra/ Bandung - Jawa Barat

Tapir Asia (Tapirus indicus) yang tertangkap kamera di dalam hutan kawasan Taman nasional Batang Gadis. Hewan langka ini telah dinyatakan punah sejak tahun 2002.

Nasib Tapir di Kebun Binatang Bandung Juga Menyedihkan

Sebelumnya ada gajah mati di Kebun Binatang Bandung.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2016