Banjir Bandang di Kalsel, Tiga Orang Tewas

Ilustrasi banjir.
Sumber :
  • Prabu Adie/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tiga orang tewas saat banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Selasa, 10 Mei 2016, pukul 03:00 WIT. Banjir bandang melanda Dusun Batugah, Desa Sengayam, Kecamatan Pamukan Barat, Kabupaten Kotabaru, Kalsel.

Satu Jenazah Korban Banjir Bandang di Langkat Ditemukan

"Tiga orang meninggal dunia dan 1 orang belum ditemukan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pers Kamis malam, 12 Mei 2016.

Setidaknya 151 unit rumah rusak ringan, 14 unit rumah rusak berat dan 251 KK (907 jiwa) terdampak banjir. Peristiwa tersebut juga menyebabkan satu jembatan tidak dapat dilalui karena terjadi rekahan.

Basarnas: Korban Banjir Bandang Subang Sudah Ditemukan Semua

Banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan ini terjadi akibat hujan deras yang terjadi selama dua hari berturut-turut. "Tim TRC BPBD Kotabaru, bersama Kodim 1004 KTB, Polres Kotabaru dan Basarnas melakukan pencarian korban hilang," ujarnya.

Saat ini, BPBD setempat langsung bergerak dengan memberikan bantuan logistik berupa mie instan, minuman kemasan dan makanan.

BNPB: Tiga Orang Tewas Akibat Banjir Bandang di Subang

"Kepala BNPB, Willem Rampangilei, telah memerintahkan Tim Reaksi Cepat BNPB untuk memberikan pendampingan BPBD. Penanganan darurat dilakukan untuk pencarian korban hilang dan pemberian kebutuhan dasar bagi pengungsi," terang Sutopo.

Lebih lanjut Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dengan cuaca ekstrem selama musim peralihan yang sering terjadi hujan berintensitas tinggi.

Evakuasi korban tewas akibat banjir bandang.

Pencarian Korban Banjir Bandang di Langkat Dihentikan

Semua korban tewas sudah ditemukan. Polisi masih berjaga di lokasi.

img_title
VIVA.co.id
30 Mei 2016