Mendagri Lantik Empat Gubernur Pekan Depan

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku akan menggelar pelantikan empat Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Jakarta pada pekan depan.

Usai Tiga Tahun Kosong, Wagub Sulteng Resmi Dijabat Rusli Baco

Empat Gubernur dan Wakilnya tersebut antara lain, Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Riau, dan Kalimantan Tengah.

"Sudah ada keputusan DPRD, Kepri, Sumut, Riau, ditambah Kalteng," ujar Tjahjo di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Kamis 12 Mei 2016.

Pesan Jokowi ke Gubernur Baru Lampung, 'Back Up' Kebutuhan Ibu Kota 

Tjahjo mengatakan pelantikan empat "raja kecil" di daerah dan wakilnya tersebut akan direalisasikan usai Presiden Joko Widodo pulang kunjungan kenegaraan ke negeri Gingseng, Korea Selatan.

"Sepulang Pesiden ke lndonesia. Sudah rapat dengan Sekretaris Negara kemarin. Begitu pulang, sehari kemudian bisa dilantik. Saat ini defenitif Riau, Sumut, Kepri. Kalteng kan hasil Pilkada," ungkap Tjahjo.

Jokowi Lantik Arinal Sebagai Gubernur Lampung 2019-2024 

Tjahjo juga berharap, Wakil Gubernur Yogyakarta juga bisa dilantik juga pada hari dan waktu yang sama tersebut.

"Wagub DIY sudah. Mudah-mudahan ini bisa serentak. Saya lagi ngecek ke Dirjen Otda, pelantikan Wagub DIY bisa tidak di Jakarta. UU keistimewaannya itu bisa tidak," ujar Politisi PDI Perjuangan itu.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo rencananya akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan pada Minggu 15 Mei 2016 sampai dengan Rabu 18 Mei 2016 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya