Pemondokan Jemaah Haji 2016 Sudah Siap 90 Persen

Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id –  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, memastikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1437H/2016M sudah siap dilaksanakan. Ada 12 embarkasi dan 15 embarkasi yang sudah disiapkan untuk memberangkatkan jamaah ke Makkah dan Madinah.

"Saat ini 103.600 paspor sudah siap atau 66,4 persen. Maka, hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan persiapan penyelenggaraan haji pada 2016 untuk jemaah haji Indonesia Insya Allah akan terus kami perbaiki, akan kami persiapkan sebaik-baiknya," ujar Puan dalam keterangan pers usai rapat koordinasi tingkat menteri terkait penyelenggaraan haji, di kantornya, Jakarta, Rabu 18 Mei 2016.

Diharapkan pelaksanaan haji tahun 2016 bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Fasilitas dan pelayanan, bagi jemaah juga akan ditingkatkan oleh Pemerintah. Seperti disampaikan Puan, untuk makan para jamaah haji sebanyak dua kali yakni siang dan malam. Namun untuk pagi hari akan disiapkan makanan ringan.
 
Begitu juga dengan akomodasi seperti pondokan bagi jemaah. Puan memastikan sudah hampir rampung. Sehingga untuk kloter pertama Agustus nanti sudah siap menempati pondokan. Persiapan-persiapan lain seperti tenda di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf (berdiam diri), juga sudah dilakukan secara menyeluruh.

"Hampir 90 persen soal penyewaan tempat yang akan dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Persiapan keberangkatan kloter pertama pada 9 Agustus juga sudah siap dilakukan. Insya Allah akan menjadi lebih baik, akan menjadi haj-haji yang lebih mabrur," ujar Puan.

Indeks Kepuasan Jemaah Haji 2016 Ditarget Jadi 84 Persen

(ren)

Ilustrasi rombongan jemaah calon haji.

Sudah 137.053 Jamaah Lunasi Biaya Haji 2016

Kemenag mengimbau calon jemaah haji melakukan pelunasan.

img_title
VIVA.co.id
6 Juni 2016