Begini Wujud Bus Jemaah Haji yang Baru

Bus Layanan Jemaah Haji Indonesia
Sumber :
  • kemenag.go.id

VIVA.co.id – Kementerian Agama RI terus mempersiapkan sejumlah layanan bagi jemaah menyambut musim haji tahun 1437H/2016M. Salah satu layanan yang jadi perhatian pemerintah adalah layanan bus antarkota selama berada di Arab Saudi.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Dilansir laman Kemenag.go.id, Senin, 23 Mei 2016, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Abdul Djamil, mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah meng-upgrade layanan transportasi darat jemaah haji Indonesia di Arab Saudi untuk musim haji 2016 ini.

"Transportasi antarkota perhajian ini disiapkan oleh pemerintah Indonesia melalui kontrak langsung dengan perusahaan bus sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan," kata Abdul Djamil dalam keterangan persnya.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Untuk spesifikasi armada bus antarkota yang akan melayani jemaah haji Indonesia tahun ini minimal produksi tahun 2009.

"Kapasitasnya minimal 45 seat. Dilengkapi AC, tombol pintu darurat, alat pemecah kaca, alat pemadam kebakaran, ban cadangan, kotak P3K, bagasi bawah, toilet, pengeras suara, dan kulkas," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Kemenag Negeri Sri Ilham Lubis.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Armada bus tersebut merupakan armada on call 24 jam dan fasilitas bengkelnya pun permanen.

Layanan bus antar kota perhajian akan melayani jemaah haji dengan rute Madinah – Makkah, Jeddah – Makkah , Makkah – Jeddah, Makkah – Madinah.

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024