BMKG Yogya: Awal Ramadan Senin 6 Juni

Pemantauan hilal
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Gefisika, dan Klimatologi (BMKG) Yogyakarta memperkirakan tanggal 1 Ramadan 1437 H atau awal masuk bulan puasa 2016 akan jatuh pada Senin 6 Juni 2016.

Ketahuan Nyopet Saat Mudik Lebaran, Pria Ini Diamuk Massa

Kepala BMKG Yogyakarta, Toni Agus Wijaya mengatakan, pada Minggu sore, 5 Juni 2016, berdasarkan pemantauan BMKG ketinggian atau penampakan Bulan sudah mencapai di atas tiga derajat.

"Tanggal 5 Juni 2016 tinggi Bulan saat Matahari terbenam di Yogyakarta sekitar tiga derajat 53 menit di atas ufuk atau horison barat. Kemudian pada tanggal 6 Juni 2016 diperkirakan ketinggian Bulan sudah di atas 10 derajat," kata Toni, Jumat 3 Juni 2016.

Jelang Lebaran, BBM di Ternate Langka

Menurut dia, meski ketinggian Bulan sudah tiga derajat 53 menit, untuk menentukan awal bulan Ramadan adalah kewenangan Kementerian Agama lewat sidang isbat.

"BMKG bersama Kementerian Agama Kanwil Yogyakarta dan Tim Badan Hisab dan Rukyat hanya melakukan pengamatan dan hasilnya akan dikirim ke Kementerian Agama untuk menentukan awal bulan Ramadan," katanya.

Lebaran, Umat Islam Diminta Tak Pamer Kekayaan

Toni juga menjelaskan, pada Minggu sore, 5 Juni 2016 untuk cuaca di Bantul tepat di bukit Seh Bela-Belu tempat pengamatan hilal akan cerah. "Untuk wilayah Sleman, Kulonprogo, Sleman, dan Gunungkidul cenderung cerah berawan," katanya.

Foto Ilustrasi pemudik menunggu antrean.

Kemampuan Anda Menyetir Cuma 3 Jam, Jangan Dipaksa

Saat mudik Anda kerap dipaksa menyetir belasan jam tanpa henti.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2016