Kivlan Zein: Pimpinan PKI Kini Berkeliling Indonesia

Mantan Panglima Kostrad, Mayor Jenderal (purnawirawan) Kivlan Zen.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVAnews

VIVA.co.id – Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zein menyebut pimpinan Partai Komunis Indonesia (PKI) gaya baru, Wahyu Setiaji sedang menggalang dukungan keliling Indonesia.

KontraS: Gugatan Kivlan Zen Bukti Negara Terlibat Pelanggaran HAM

Kivlan berujar, Wahyu Setiaji adalah anak dari Lukman Nyoto, Menteri Negara pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Nyoto tercatat pernah menjadi wakil ketua komite sentral PKI dan dekat dengan D.N. Aidit sang pemimpin PKI.

"Iya, iya (anak Nyoto). Sekarang dia jalan-jalan," ungkap Kivlan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politk, Hukum, dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat, Jumat 3 Juni 2016.

Kivlan Zen Sakit Komplikasi Efek Bekas Granat dan Minta Tak Ditahan

Wahyu Setiaji, menurut Kivlan, adalah pemimpin PKI gaya baru yang pernah menggelar Kongres X PKI tahun 2010 di Grabag, Magelang, Jawa Tengah, dengan Sektretaris Jenderalnya Teguh Karyadi. "Ya, ketua PKI gaya baru. Yang kongres di Grabak, Magelang tahun 2010," katanya.  

Bahkan, kata Kivlan, PKI di bawah pimpinan Wahyu Setiaji itu telah membentuk organisasi dari tingkat pusat sampai daerah. "Sudah ada dokumen AD-ART dan program perjuangannya," katanya.

Polisi Anggap Praperadilan Kivlan Ditolak jadi Bukti Sesuai Prosedur

Sebelumnya, Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zein mengatakan, PKI sudah kembali bangkit. Bahkan, menurut Kivlan, PKI telah membentuk struktur partai mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

Kivlan juga menyebutkan bahwa sejak dua pekan lalu, mereka telah menyiapkan hingga 15 juta pendukung. Kantor PKI yang lama, kata dua, berada di samping Hotel Acacia, Jalan Matraman, Jakarta.

Kantor lama yang sudah seperti rumah hantu itu disebut segera direnovasi untuk diaktifkan kembali. Bukti kegiatannya adalah maraknya brosur-brosur yang disebar serta Majalah Historika. Para anggota kini sudah masuk ke parlemen dan masuk ke partai-partai lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya