DPR Beri Saran ke Jokowi Pilih Budi Gunawan Lagi

Komjen Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Masinton Pasaribu, menilai sosok Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan (BG) merupakan salah satu kandidat kuat untuk mengisi posisi Kapolri yang akan lowong setelah Jenderal Badrodin Haiti memasuki masa pensiun pada Juli 2016 nanti.

Kepala BIN Lepas Jakarta BIN dan STIN BIN Untuk Proliga 2024, Megawati Ungkap Harapan

BG sapaan Budi Gunawan disebut memiliki kinerja baik selama mendampingi Badrodin Haiti memimpin Korps Bhayangkara.

"Kalau BH (Badrodin Haiti) dan BG (Budi Gunawan) dalam menata konstitusi kepolisian sudah sangat bagus. Ada beberapa momentum kepolisian yang bekerja bagus, seperti dalam aspek pengamanan pilkada," ujar Masinton di Jakarta, Jumat malam, 3 Juni 2016.

Kepala BIN: Kita Sangat Optimis, Tim Voli BIN Bisa Jadi Juara Proliga 2024

Selain itu, kata dia, BG dinilai juga telah mengerti kerja-kerja dan fokus Kapolri karena menjabat sebagai Wakapolri. Atas dasar itu, tidak ada salahnya jika Jokowi memilih Budi Gunawan sebagai Kapolri.

"Ya harusnya idealnya seperti itu, dan bisa lebih meneruskan untuk kesinambungan juga," katanya.

Sosok Budi Gunawan, Kepala BIN yang Disentil Jenderal Dudung saat Tanggapi Ucapan Megawati

Meskipun begitu, dia mengatakan posisi parlemen saat ini tengah menanti nama yang diajukan Jokowi. Sebab jabatan Kapolri tetap menjadi hak prerogatif presiden.

"Tinggal Presiden saja mau pilih siapa. Siapa yang akan dipilih Presiden, pertimbangkan jenjang karier kepangkatan. Kami di DPR menunggu dari Presiden," kata Masinton. (ase)

BIN Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Meriahnya Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan Bersama BIN

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) menggelar nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U 23 antara Timnas Indonesia vs Timnas Uzbekistan.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024