Masyarakat Solo Nobar Hilal di Observatorium

Petugas sedang mengamati teleskop
Sumber :

VIVA.co.id – Masyarakat beramai-ramai mendatangi acara nonton bareng (nobar) pantauan hilal di Observatorium milik Pondok Pesantren Assalam Solo pada Minggu, 5 Juni 2016. Acara nobar yang dipusatkan di lantai enam bangunan komplek Pondok Pesantren Assalam, dan disediakan sebanyak lima teleskop digital serta manual.

Kemampuan Anda Menyetir Cuma 3 Jam, Jangan Dipaksa

Pengasuh Observatory Assalam, AR Sugeng Riyadi, mengatakan bahwa acara nobar pantauan hilal dihadiri oleh sejumlah utusan dari Kementerian Agama di wilayah eks Karesidenan Surakarta, para santri, pengurus pesantren, serta masyarakat umum. Mereka berdatangan ke observatorium sejak pukul 16.00 WIB.

"Biasanya ada sekitar 150 orang yang ikut hadir untuk mengikuti acara nobar rukyatul hilal di CASA Assalam," kata dia di Observatory CASA, Minggu, 5 Juni 2016.

Ketahuan Nyopet Saat Mudik Lebaran, Pria Ini Diamuk Massa

Lebih lanjut dia mengungkapkan, untuk nobar pantauan hilal disediakan sebanyak lima teleskop yang terdiri dari dua teleskop digital serta tiga teleskop manual.

"Satu teleskop digital diletakkan di observatorium. Itu merupakan yang paling canggih. Sedangkan empat sisanya ada di sisi utara untuk peserta laki-laki, serta sisi selatan untuk peserta perempuan," ujarnya.

Jelang Lebaran, BBM di Ternate Langka

Menurut dia, puncak pengamatan hilal akan dilakukan setelah matahari tenggelam. Sedangkan yang dilakukan saat ini merekam pergerakan matahari dengan menggunakan teleskop inti.

(ren)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya