Di SPBU Ini, Mengaji 1 Juz Gratis 2 Liter Pertamax

Mengaji 1 juz dapat Pertamax 2 liter
Sumber :
  • VIVA/Adib Ahsani

VIVA.co.id – Beragam cara dilakukan untuk menggeliatkan kegiatan rohani di bulan Ramadan. Di Ngawi, Jawa Timur, ada tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang memberikan hadiah 2 liter Pertamax, setelah mengaji 1 juz.
 
Tiga SPBU tersebut berada di Padas, Jogorogo dan Paron. Ketiga SPBU ini adalah milik Wakil Bupati Ngawi, Oni Anwar. Kegiatan  mengaji dimulai sejak pukul 06.00 hingga pukul 18.00, siapapun boleh datang di musala yang ada di SPBU ini untuk mengaji.

Bunda Corla Pulang Kampung, Senang Jalani Ramadhan di Indonesia

"Jadi konsepnya untuk meramaikan bulan Ramadan dengan kegiatan positif. Karena di sini pemilik  SPBU ini berlatar belakang santri, maka ada ide mengaji 1 juz mendapat 2 liter Pertamax," kata salah satu Ustaz di Musala SPBU Padas, Soni Setyawan kepada VIVA.co.id, Selasa 7 JUni 2016.

Teknisnya, kata Soni, jika sudah selesai 1 juz, akan mendapat satu lembar voucher yang dapat ditukar dengan 2 liter Pertamax. "Ditulis di voucher itu, nama dan tanggal mengaji, setelah itu bisa ditukar dengan pertamax," ujar Soni.

4 Zodiak Paling Bahagia hingga 10 Tradisi Unik Ramadhan di Dunia

Menurut Soni, antusiasme warga untuk mengaji di musala SPBU terlihat di hari kedua Ramadan. Pada hari pertama kemarin, jumlah warga yang mengaji tidak seramai hari ini. "Karena mulai menyebar di media sosial, hari ini lebih ramai. Bisa-bisa hari ini 2 kali khatam Alquran. Sedangkan kemarin hanya 1 kali khatam Alquran," tutur Soni.

Pihak SPBU lanjut Soni, tidak membatasi berapa kali khatam Alquran. "Di sini, hanya ada 1 orang yang mengaji menggunakan pengeras suara, selebihnya bisa mengaji tanpa menggunakan pengeras suara, dan boleh siapa saja mengaji," katanya.

Iktikaf, Puluhan Tenda Kamping Berdiri di Masjid Ini

Namun sampai hari ini, program '1 juz 2 liter Pertamax' hanya diikuti oleh masyarakat sekitar. Sedangkan untuk musafir belum ada yang datang untuk mengaji. "Mungkin karena baru sehari kemarin berjalan," katanya.

Selain kegiatan mengaji, di musala SPBU ini juga membagi-bagi takjil gratis. Pembagian takjil dimulai pukul 17.00 dan utamanya dibagikan jemaah yang ada di dalam musala. Selebihnya akan dibagikan kepada pengunjung SPBU dan masyarakat yang melintas.

Soni mengakui, baru hari ini ramai pengunjung di musala untuk mengaji. "Saya tidak tahu apakah karena mengajinya, atau karena pertamax-nya. Tetapi yang jelas, ini membawa efek positif bagi kegiatan Ramadan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya