Lagu Dicuri, Ian Kasela Siap Hadiri Sidang

Vokalis Band Radja Ian Kasela
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Vokalis band Radja, Ian Kasela, mengaku siap menghadiri persidangan untuk bersaksi pada sidang dua bos karaoke yang dilaporkannya ke polisi. Ian mengaku berkepentingan dalam perkara ini, karena merasa lagu Radja 'dicuri' terdakwa.

Heboh! Judika Bayar Royalti Rp 15 Juta ke Ahmad Dhani, Terbongkar Alasannya!

Sebelumnya, Ian mangkir dalam dua kali panggilan sidang untuk bersaksi di Pengadilan Negeri Surabaya, dalam posisinya sebagai korban, atau pelapor. Tim pengacara terdakwa Santoso Setyadi, bos Happy Puppy dan Achmad Budi Siswanto, bos NAV, pun ngotot meminta jaksa menghadirkan Ian.

"Tidak usah pihak terdakwa yang minta, kami pasti hadir (di persidangan)," kata Ian kepada VIVA.co.id, Selasa malam, 7 Juni 2016.

Soal Pencipta Larang Musisi Bawakan Lagunya, Ini Tanggapan LMKN

Ian menjelaskan, ia dan awak Radja memperkarakan Happy Puppy dan NAV bukan semata soal royalti. Yang paling penting, kata dia, ialah soal pencurian hak cipta. "Dari awal, kami tidak bahas soal royalti, karena nantinya takut lari ke perdata. Ini izin, atau pencurian," ujarnya.

Ian memaparkan, inti dari laporannya ialah terkait mechanical right. Soal lagu-lagu baru Radja yang dimasukkan ke server komputer di outlet karaoke yang dikelola terdakwa, tanpa meminta izin dulu ke pemilik lagu. "Jadi, tidak ada hubungannya dengan YKCI. Ini bukan soal royalti," katanya.

Andre Taulany ke Ndhank Surahman: Kalau Dibilang Gak Dapat Royalti Bohong Itu

Sebelumnya, pihak terdakwa menyampaikan bahwa soal pemutaran lagu di rumah karaoke hanya berurusan dengan lembaga resmi yang mendistribusikan lagu, bukan dengan penyanyi maupun grup musik langsung. Dalam perkara ini, terdakwa memperoleh lagu, sekaligus membayar royaltinya langsung ke Yayasan Karya Cipta Indonesia (YKCI).

Untuk diingat, perkara ini bermula, ketika Ian Kasela melaporkan lima rumah karaoke ke Markas Besar Polri. Rumah karaoke itu ialah NAV, Inul Vizta, Charlie Family, Happy Puppy, dan DIVA. Ian sendiri dilaporkan balik oleh Happy Puppy ke Polda Jatim dengan tudingan pemerasan. Di Polda, Ian juga tak pernah hadir saat dipanggil. (asp)

Inara Rusli dan Ibu Virgoun, Eva Manurung

Eva Manurung Tuding Inara Rusli Terlalu Banyak Menuntut Soal Royalti

Eva Manurung bahkan membahas kontroversi seputar klaim royalti lagu, dengan mengutip penyanyi-penyanyi dunia yang memiliki kasus perceraian.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2024