Risma Ingin Beli Rumah Radio Bung Tomo

Petugas menunjukan gambar rumah yang merupakan cagar budaya berupa bekas kantor radio pejuang Surabaya, Bung Tomo dengan latar bangunannya telah dibongkar di Surabaya, Jawa TImur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma akan membeli rumah radio Bung Tomo yang ada di Jalan Mawar Nomor 10-12, Surabaya. Kepastian itu didapatkan setelah putra Bung Tomo, Bambang Sulistomo bertemu dengan Risma, Kamis 9 Juni 2016.

Mengubur Puing Sejarah

Menurut dia, Pemkot Surabaya sudah memiliki anggaran untuk membeli tanah, dan bangunan di tempat itu. Bahkan, Risma juga ingin agar bangunan itu dibangun kembali seperti asalnya.

"Beliau ingin, pokoknya mirip dengan aslinya," kata Bambang di Surabaya, Kamis 9 Juni 2016.

Cagar Budaya Rumah Radio Bung Tomo Dicabut, Tuai Kekecewaan

Bambang melanjutkan, Risma ingin membeli kedua bangunan yang ada di tempat itu. Sebab, rumah radio itu kini terbagi dalam dua bangunan, yaitu rumah nomor 10 dan nomor 12.

Meski demikian, niatan itu saat ini masih terkendala masalah teknis. Sebab, Bambang merasa masih terlalu sedikit data yang ada untuk membangun kembali rumah itu.

Begini Kondisi Rumah Radio Bung Tomo di Hari Pahlawan

"Karena peta, maupun denah rumah itu pada tahun 1975 sudah tidak ada," kata Bambang.

Oleh karena itu, rencananya Bambang bersama komponen lainnya akan mengadakan seminar terkait masalah itu. "Ini juga keinginan Bu Risma, agar hasil pembangunannya maksimal dan benar-benar mirip," ujar Bambang.

Sebelumnya, rumah radio Bung Tomo dibongkar oleh PT Jayanata beberapa waktu lalu. Pembongkaran itu menuai protes dari masyarakat Surabaya, karena bangunan itu merupakan bangunan cagar budaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya