Menteri Agama: Tak Ada Gereja yang Diperas

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • Danar Dono/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah mengklarifikasi kabar adanya pemerasan terhadap proses pembangunan gereja di Bandung, Jawa Barat.

Pengancam dan Pemeras Rp300 Juta ke Ria Ricis Terancam 8 Tahun Penjara

"Dirjen kami sudah mengklarifikasi, sudah bertemu dengan pihak gereja dan beberapa kalangan, ternyata itu tidak benar informasi itu," kata Lukman di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 9 Juni 2016.

Lukman menegaskan, pemerasan dengan dalih apa pun tidak bisa dibenarkan. "Apalagi objek yang diperas itu rumah ibadah," tegasnya. 

Ini Dia Tampang Pengancam dan Pemeras Rp 300 Juta ke Ria Ricis

Menurutnya, Kementerian Agama akan terus melakukan pemantauan dan memeriksa semua informasi yang beredar mengenai pemerasan rumah ibadah. Hal ini dilakukan untuk menghindari keresahan masyarakat.

Selain itu, Lukman juga meminta media menyikapi berbagai isu agama secara hati-hati. "Jadi mohon teman pers meluruskan ini, ini menjadi keresahan juga di masyarakat," ucapnya.

Pelaku yang Ancam Ria Ricis Akhirnya Tertangkap

Lukman memastikan dalam mengklarifikasi informasi, kementerian akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian, agar bisa langsung menindak jika menemukan tindakan yang melanggar hukum.

"Tentunya aparat penegak hukum, itu akan memproses tindak pidana, nanti akan didalami mereka. Kepolisian, kejaksaan punya kemampuan sendiri, tapi kalau kembali ke kasus tadi tidak benar," jelas Lukman. 

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya