Kemenhub Periksa Insiden Wings Air Turunkan Bagasi Penumpang

Ilustrasi pesawat Wings Air.
Sumber :
  • REUTERS/Zul Edoardo

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan telah membaca petisi masyarakat untuk Kementerian Perhubungan dan Lion Air Group yang dibuat Taufik, salah seorang penumpang Wings Air (Lion Air Group) dari Rote Ndao tujuan Kupang, dengan nomor penerbangan IW 1936 pada Rabu lalu, 8 Juni 2016.

Kondisi Terkini Bandara Semarang Usai Wings Air Tegelincir

Jonan pun meminta meminta jajarannya memeriksa kebenaran keluhan Taufik dalam petisi di dunia maya itu, yang menyatakan semua bagasi penumpang diturunkan di Bandara Rote Ndao untuk mengurangi beban sehingga pesawat bisa terbang ke Kupang.

"Yang Rote, saya sudah baca. Saya sudah tugaskan inspektur angkutan udara untuk periksa," kata Jonan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Juni 2016.

Jelajahi Kalimatan dan Sulawesi, Wings Air Buka Rute Baru

Pemeriksaan dilakukan untuk menginvestigasi keluhan Taufik, sehingga bisa memastikan benar tidaknya peristiwa yang dituliskan Taufik. Termasuk melihat pihak yang mesti bertanggung jawab jika peristiwa itu benar terjadi.

"Belum tentu betulkan, dan belum tentu salah. Makanya saya suruh periksa," kata dia.

Wings Air Jelajahi Wisata Takengon Aceh

Sebelumnya sebuah petisi online di situs Change.org, meminta Kementerian Perhubungan menyelidiki manajemen Lion Air Group. Dalam petisi itu, Taufik menceritakan kronologis mengenai penurunan bagasi penumpang di Bandara Rote Ndao tanpa memberitahukan pada penumpang terlebih dahulu.

Petisi ini sudah ditandatangani oleh 35.211 pendukung. Selain pada Kementerian Perhubungan, petisi ini juga akan dikirim pada Presiden Joko Widodo dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional.

Pesawat Wings Air tergelincir di bandara Semarang, Minggu (25/12/2016).

Wings Air Tergelincir, DPR Pertanyakan Sistem Keamanan

DPR sudah merekomendasikan agar bandara dilengkapi instrumen keamanan.

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2016