SBY: Keturunan PKI Tak Boleh Ikut Divonis Salah

SBY dan Ani Yudhoyono
Sumber :
  • Dok.ist

VIVA.co.id – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menyebut bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) memang pernah berupaya melakukan kudeta di Indonesia pada masa lalu. Hanya saja, rencana tersebut gagal, lantaran mendapat perlawanan.

Kesal dengan PSI, Demokrat Minta Jangan Seret SBY

"Perebutan kekuasaan di era Soekarno benar ada. Kekerasan itu ada. Bukan fiksi," ungkap SBY di kediamannya, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat 10 Juni 2016.

Meski demikian, mantan Presiden Indonesia ke-enam tersebut berharap, agar pemerintah tak serta-merta memvonis keturunan PKI ikut bersalah atas sejarah yang tercipta di masa silam.

Demokrat Klaim Rakyat Rindu Keberhasilan Era SBY

"Bangsa ini harus hati-hati dan jangan gegabah dalam bertindak. Yang penting, anak keturunan mereka tak boleh divonis ikut bersalah. Sebenarnya, sekarang pun mereka punya hak politik dan ekonomi. Ini saja yang harus dijaga dan dipertahankan," kata SBY.

Gagalnya PKI dalam melakukan kudeta tersebut, akhirnya membuat kelompok yang anti partai berlambang palu arit untuk mengambil inisiatif.

Alhamdulillah, SBY Sudah Sembuh dan Segera Kembali ke Indonesia

"Karena kudeta gagal, maka yang pegang inisiatif yang anti PKI. Ada hubungan sebab dan akibatnya," ujar mantan Presiden Indonesia yang pernah menjabat dua peridoe tersebut. (asp)

SBY di acara rapat pimpinan nasional Partai Demokrat 2022

Kekuatan SBY dan Ancaman Anas-Moeldoko

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dijadwalkan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2023