Banjir Padang Mulai Surut

Sebuah mobil berusaha melewati banjir di jalan Kampung Nias, Padang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA.co.id – Banjir besar melanda Kota Padang, Sumatera Barat, akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Kamis sore, 16 Juni 2016. Sedikitnya, sebelas kecamatan terkena dampak banjir, dengan ketinggian 50 hingga 150 sentimeter.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Setelah hujan mereda sejak semalam, air yang merendam sebagian Kota Padang berangsur surut. 
Pada pagi ini, hujan kembali mengguyur secara merata dengan intensitas sedang. "Debit hujan tidak seperti tadi malam, sekarang hujan ringan, dan beberapa titik sudah surut," ujar Kepala Kantor SAR Padang, Suhri N.N. Sinaga saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat, 17 Juni 2016.

Dari pantauan tim SAR di lapangan, Genangan air masih ada di berbagai tempat, dengan ketinggian bervariasi. Genangan ini berpotensi meningkat jika intensitas hujan kembali tinggi. "Sekarang masih ada genangan, di depan kantor kami ini saja masih sekitar 50 sentimeter, karena jauh dari aliran sungai," katanya menambahkan.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Suhri menjelaskan, proses evakuasi warga akibat banjir tadi malam baru selesai sekitar pukul 05.00 WIB pagi tadi. Namun, karena kondisi cuaca, tim SAR tetap bersiaga mengantisipasi kemungkinan hujan kembali turun dengan lebat, dan membuat ketinggian air meningkat. 

"Kita (Tim SAR) stand by karena hujan masih turun terus, jadi kalau ada warga yang membutuhkan bantuan kita siap," ujarnya.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Suhri memastikan, dalam proses evakuasi yang dilakukan tim SAR tidak ada warga yang mengalami musibah. "Tim kami tadi malam tidak mendapatkan, tidak ada korban. Saya juga kaget, pagi ini melihat media sosial, katanya ada korban. Tapi tadi malam, saya tanya tim di lapangan, enggak ada."

(mus)

Warga terisolir akibat banjir sejak sembilan bulan lalu

Berbulan-bulan Banjir Tak Kunjung Surut, Daerah di Bulak Barat Depok Ini Bak Kampung Mati

Sudah berbulan-bulan warga Kampung Bulak Barat RT 04 RW 08 Kelurahan Cipayung, Depok terisolir akibat banjir.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024