Jelang Lebaran, Kiriman Uang TKI ke Sukabumi Capai Rp58 M

Kantor PT Pos Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Kantor Pos Sukabumi, Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi, Jawa Barat, dipadati warga dengan raut wajah gembira. Mereka menanti giliran menerima kiriman uang dari keluarga yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, umumnya negara di kawasan Timur Tengah.

TKI Lombok Disiksa Majikan di Arab Saudi, Calo Jadi Tersangka

Dari data Kantor Pos Sukabumi, jumlah kiriman uang dari TKI kepada keluarga mereka di Sukabumi bervariasi, mulai Rp2 juta hingga puluhan juta rupiah.

Salah seorang warga, Siti Nuraisyah, warga Baros, Sukabumi mengaku senang dapat kiriman uang dari suaminya yang menjadi TKI di Arab Saudi. Apalagi menjelang Hari Raya Idul FItri. Siti mengaku dapat kiriman Rp5 juta. "Cukup untuk keperluan Lebaran," ucap Siti di Kantor Pos Sukabumi, Senin, 20 Juni 2016.

Tenaga Kerja RI Tak Produktif, Mendikbud: Bukan Tanggung Jawab Sekolah

Sementara itu, berdasarkan catatan Kantor Pos, jumlah kiriman uang dari TKI tahun ini, periode Januari hingga Mei 2016, sudah mencapai Rp273 miliar. Sedangkan, untuk catatan selama setahun terakhir, pengiriman uang ke Sukabumi terhitung Juni 2015 sampai Mei 2016, mencapai Rp680 miliar.

"Pencairan bulan Mei 2016 mencapai Rp58 miliar," ujar Sofian, kepala Kantor Pos Sukabumi. Jumlah pencairan sebelum Ramadan itu, belum termasuk dengan pengiriman pada Juni ini, yang akan direkapitulasi akhir bulan nanti.

Kisah Perjuangan TKI Raih Gelar Sarjana Terbaik di Negeri Ginseng

Laporan: Mohamad Akasah/ Sukabumi - Jawa Barat

Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia

Ada yang Lebih Ditakuti TKI di Malaysia Ketimbang Corona

Banyak yang menjadi tulang punggung keluarga.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2020