PMI Siapkan 219 Posko Medis di Jalur Mudik

Apel siaga PMI untuk pelayanan di jalur mudik dan balik Lebaran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Filzah Adini Lubis

VIVA.co.id – Jelang mudik Lebaran tahun 2016, Palang Merah Indonesia (PMI) menyiagakan 219 pos pertolongan pertama di jalur padat seperti Sumatera, Jawa termasuk di jalur Pantai Utara (Pantura). PMI menyediakan 333 unit ambulans darat dengan memobilisasi 5.632 personel yang terdiri dari dokter, paramedis serta sukarelawan.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita mengatakan, kegiatan pos pertolongan pertama dan ambulans siaga tersebut untuk membantu para pemudik yang membutuhkan bantuan medis selama di perjalanan.

"Ini untuk membantu pemudik yang membutuhkan respons awal dari situasi darurat atau emergency," kata Ginandjar di Kantor PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Juni 2016.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Lebih lanjut Ginandjar menjelaskan bahwa PMI bekerja sama dengan berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Kepolisian dalam menjalankan program ini.

"Pos pertolongan pertama PMI nantinya dilakukan secara terpadu dengan berbagai instansi terkait maupun berdiri sendiri," katanya.

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Capai 193,6 juta, Airlangga: Ada Andil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Adapun 219 pos siaga PMI tersebut disediakan di tempat-tempat keramaian dan wilayah yang dinilai rawan kecelakaan antara lain di terminal, stasiun, pelabuhan dan tempat-tempat wisata.

Para personel akan mulai bertugas di seluruh Indonesia mulai hari ini, Jumat 24 Juni 2016 hingga H+10 Lebaran.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024