Catat Nomor Panggilan Darurat Tim SAR Semarang sebelum Mudik

Apel siaga personel Badan SAR Nasional di Semarang pada Selasa, 28 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang mendirikan posko mobile atau bergerak di sejumlah titik rawan kecelakaan lalu lintas dan bencana alam di sepanjang jalur mudik Jawa Tengah. Posko itu disiagakan sejak tujuh hari sebelum Lebaran hingga tujuh hari setelah Idul Fitri.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Posko mobile adalah posko yang memanfaatkan mobil penyelamat milik tim SAR sehingga dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Mobil itu dilengkapi sejumlah peralatan penyelamatan, terutama jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan lalu lintas di jalur mudik.

Mobil itu beroperasi selama 24 jam nonstop dan diisi puluhan regu Basarnas yang telah dibagi-bagi tiap wilayah. Mobil itu akan berkeliling di semua titik rawan kepadatan lalu lintas para pemudik, seperti jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah, jalur tengah, hingga jalur selatan Jawa. 

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

"Posko mobile ini juga dilengkapi peralatan penyelematan dari bencana longsor dan banjir," kata Kepala Basarnas Semarang, Agus Haryono, kepada VIVA.co.id di sela-sela apel siaga di Semarang pada Selasa, 28 Juni 2016.

Jawa tengah, kata Agus, menjadi salah satu daerah yang paling padat dilalui para pemudik saat libur Lebaran nanti. Maka potensi kecelakaan lalu lintas maupun bencana alam di jalur mudik itu menjadi perhatian khusus.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Sejumlah titik yang menjadi pusat perhatian, antara lain, jalur pantura mulai Brebes, yakni di pintu Tol Brebes Timur; jalur selatan (Banyumas, Kebumen, dan Purworejo), jalur pantura Kudus, hingga jalur Surakarta menuju Jawa Timur.

“Kami juga sebar personel di posko maritim, yakni di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Tim patroli mobile juga akan menyisir wilayah Bandara dan terminal di Jawa Tengah," kata Agus.

Dalam operasi posko mobile itu, para personel dilengkapi peralatan penyelamatan, seperti mobil khusus dan perangkat untuk mengevakuasi korban kecelakaan lalu lintas atau bencana alam di jalur mudik.

Selama arus mudik nanti, personel SAR disiagakan selama 24 jam nonstop dan tidak dibolehkan cuti. Aturan itu berlaku juga bagi semua personel kantor SAR se-Indonesia.

Kantor SAR Semarang juga membuka layanan panggilan darurat pada nomor 024-115. Layanan itu siaga selama 24 jam nonstop selama arus mudik. Pemudik bisa singgah langsung di posko mobile atau pun posku induk di Kantor SAR Semarang atau posko bantuan di Cilacap, Solo, dan Jepara.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya