Ada Buka Puasa Bersama Umat Muslim dan Yahudi di Minahasa

buka puasa
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Sulawesi Utara (Sulut) merupakan daerah yang menjunjung tinggi toleransi antarumat beragama. Itu terlihat dalam acara buka puasa yang dilakukan umat Muslim dan Yahudi di Sinagoga (tempat ibadah Yahudi), di Kota Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Erdogan dan Gelar Salahuddin Baru, Misi Bebaskan Al-Aqsa dari Israel

Rabbi Yaakov Baruch mengungkapkan, acara buka puasa ini dilakukan sebagai bentuk silaturahmi dan kebersamaan. “Buka puasa itu dilakukan pekan lalu sebagai bentuk pengenalan terhadap agama Yahudi. Acara ini inisiatif kami dan terinspirasi dari kegiatan yang sama di London, Inggris,” ujar Yaakov saat dihubungi Rabu, 29 Juni 2016.

Pada acara buka puasa itu, lanjut Yaakov, dibuka dengan doa dari warga Muslim dan dihadiri juga oleh pemuka-pemuka agama. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa menangkis isu-isu miring atau kecurigaan yang timbul. Acara ini juga bisa dijadikan barometer toleransi umat beragama di Sulut,” katanya.

Pemukim Yahudi Paksa Masuk Masjid Al Aqsa Dikawal Polisi Israel

Di Indonesia ada sekira 500 penganut Yahudi dan di Sulut sekira 100 orang. Karena, menurut dia, Yahudi bukan agama dakwah, namun hanya fokus pada keturunan.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Minahasa, Ivan Sarundajang, mengatakan acara buka puasa yang dilakukan dapat menjadi barometer kerukunan umat beragama di Tanah Minahasa bahkan di Sulut. “Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mempererat tali silaturahmi antara umat beragama di Sulut,” ujar Ivan.

Jenderal Negara Islam Telah Tunduk pada Israel, Palestina Dalam Bahaya

(ren)

Source : Republika

Presiden Israel: Yahudi dan Muslim Ditakdirkan Hidup Bersama

Presiden Israel Reuven Rivlin mengatakan Yahudi dan Muslim, Israel dan Palestina semuanya adalah anak-anak Ibrahim.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2020