H-3 Lebaran, Terminal Purabaya Masih Aman

Ilustrasi terminal bus.
Sumber :
  • Viva.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Tiga hari menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah, atau H-3 sebelum Lebaran, suasana angkutan Lebaran di Terminal Purabaya Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 3 Juli 2016, masih terasa normal. Hilir mudik penumpang belum terlihat padat dan berjejalan.

H-3 Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta Diserbu 164.575 Pemudik

Menurut data yang diperoleh dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal Purabaya pada Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jatim menyebutkan, hingga pukul 12.00 siang, tercatat 26.574 penumpang berangkat dari terminal bus terbesar di Jatim itu.

Terdiri atas Angkutan Kota Dalam Provinsi maupun Angkutan Kota Antar Provinsi. Sedangkan penumpang yang datang sebanyak 19.559 penumpang.

H-2, Lalu Lintas Exit Tol Pejagan Ramai Lancar

Jumlah armada bus yang berangkat sebanyak 499 unit. Sementara itu, bus yang datang ke Terminal Purabaya sebanyak 626 unit. "Masih belum ada lonjakan penumpang berarti, belum terlihat berdesak-desakan," kata salah seorang petugas Terminal Purabaya.

Pengamatan VIVA.co.id, hilir mudik penumpang memang lebih ramai dari pada hari sebelumnya. Banyak penumpang yang membawa barang banyak, ciri-ciri akan mudik dan berlibur panjang di kampung halaman. Tapi tidak sampai berdesak-desakan. Diprediksi, malam nanti volume penumpang akan bertambah.

7 Hari Mudik, Angka Kecelakaan Mencapai 1.871 Kasus

Sebelumnya, Koordinator Bidang Tata Terminal pada Terminal Purabaya, Nugroho, mengatakan bahwa diperkirakan penumpang mulai membeludak di terminal yang terkenal dengan sebutan Terminal Bungurasih itu pada dua atau satu hari jelang Lebaran.

"Apalagi informasinya penumpang kapal laut yang akan merapat di Pelabuhan Tanjung Perak jadwal terakhir pada Selasa, 5 Juli 2016," kata Nugroho. Biasanya, ribuan pemudik kapal laut itu akan beralih ke bus menuju daerah kelahiran.

Harga daging sapi naik di Kabupaten Tangerang jelang Lebaran.

Daftar Harga Pangan H-3 Lebaran: Beras, Cabai Merah Hingga Daging Sapi-Ayam Naik

H-3 menjelang Hari Raya Idul Fitri, beberapa harga pangan terpantau mengalami kenaikan. Antara lain pada komoditas beras, daging ayam, daging sapi, dan daging ayam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2023